Surat Pembuka, 5 Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Harus Kamu Tau

By. Dewi Savitri - 26 May 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Surat Al-Fatihah adalah surat wajib yang dibaca saat menjalankan ibadah sholat. Banyak keutamaan dari surat Al-Fatihah salah satunya dapat menjadi perantara untuk hajat yang sedang kita inginkan. Surat Aal-Fatihah termasuk kedalam golongan surat Makkiyah atau surat yang diturunkan di Makkah.

 

Baca Juga: Keutamaan Berbakti kepada Orang Tua dalam Islam: Menjaga Hubungan dengan Allah melalui Orang Tua

 

Surat ini terdiri dari tujuh ayat namun masih ada perdebatan mengenai jumlah ayat dari surat Al-Fatihah ini. Imam Malik berpendapat bahwa jumlah ayat dalam surat Al-Fatihah hanya ada enam ayat dan kalimat Basmallah tidak menjadi bagian dari surat Al-Fatihah ini. Sedangkan, Imam Asy-Syafi’I berpendapat dan mengatakan bahwa serat Al-Fatihah terdiri dari tujuh ayat karena kalimat Basmallah termasuk kedalam bagian dari Surat Al-Fatihah.

 

Beberapa unsur pokok yang ada dalam surat Al-Fatihah merupakan inti dari Al-Qur’an. Unsur tersebut meliputi keimanan, hukum islam, dan kisah-kisah Islam lainnya. Selain itu surat Al-Fatihah memiliki banyak keutamaan, beberapa diantaranya yaitu:

 

1. Induk Al-Qur’an

 

Surat Al-Fatihah dinamakan Ummul Qur’an dan Ummul Kitab karena surat ini mencakup seluruh tujuan-tujuan agama. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya:

 

“Surat alhamdulillah (yaitu Al-Fatihah) adalah Ummul Qur’an, Ummul Kitab dan As Sab’ul Matsani.” (HR Tirmidzi)

 

2. Obat

 

Keutamaan surat Al-Fatihah untuk menyembuhkan penyakit yang kemudian disebut sebagai As-Syifa yang artinya obat. Dalam kitab Fadholi Suwar wa Ayat Qur’aniyah karya Sayyid Muhammad Saad Ibnu Alawi Al-Idrusi dijelaskan bahwa Abdul Malik bin Umair yang mengatakan bahwa:

 

“Surat yang menjadi pembuka dalam Al-Qur’an adalah obat segala sesuatu, surat tersebut adalah surat Al-Fatihah.”

 

Allah SWT juga telah menegaskan bahwa Al-Qur’an adalah obat bagi berbagai macam penyakit, dalam firmannya, QS Al-Isra Ayat 82 yang artinya:

 

“Dan kami turunkan dari Al-Qur’an suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur’an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang dzalim selain kerugian.” (QS. Al-Isra: 82)

 

3. Syarat Sah Sholat

 

Baca Juga: Jangan Kufur Nikmat!! 5 Keutamaan Surat Ar-Rahman Buat Lebih Bersyukur

 

Keutamaan surat Al-Fatihah lainnya adalah menjadi syarat sah dan tidak sahnya sholat. Surat Al-Fatihah merupakan salah satu rukun sholat sehingga tidak ada sholat seseorang tanpa adanya Al-Fatihah. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Tidak sah sholatnya orang yang tidak membaca surat Al-Fatihah.” (HR Muslim)

 

4. Surat yang Mulia

 

Dikutip dari orami.co.id, ada sebuah riwayat yang menyebutkan bahwa Abu Sa’id bin Mu’alla berkata:

 

“Pada suatu hari, aku sedang sholat di Masjid, selesai sholat aku dipanggil Rasulullah SAW. Kemudian, Rasulullah SAW bersabda, ‘Aku akan mengajarkanmu sebuah surat yang teragung di dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari Masjid’, aku bertanya, ‘Surat apakah itu wahai Rasulullah?’ Rasulullah SAW menjawab ‘(Ia adalah surat) Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Ia adalah tujuh ayat yang diulang-ulang (dalam setiap rakaatnya) dan Al-Qur’an yang agung yang diberikan kepadaku.” (HR Bukhari, Abu Dawud, dan Nasa’i)

 

5. Dimudahkan Segala Hajat

 

Membaca surat Al-Fatihah dapat membantu memudahkan terwujudnya hajat yang kita miliki. Caranya adalah dengan membaca surat Al-Fatihah kemudian diniatkan untuk sesuatu hajat yang kita inginkan. Hal ini ada didalam sebuah hadits yang meriwayatkan bahwa surat Al-Fatihah lima quriat laba, bacaan surat Al-Fatihah bergantung pada apa yang diniatkan.

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia Keutamaan Hari Jum'at dalam Islam

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa keutamaan surat Al-Fatihah, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri semua!! 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp