Hore!!! Mulai 2 Maret 2022 Karantina Hanya 3 Hari!!!

Hore!!! Mulai 2 Maret 2022 Karantina Hanya 3 Hari!!!

Share to

Halo Sobat BeHappy.

Ada update terbaru nih, mengenai karantina bagi Sobat yang pulang ke Indonesia dari Luar Negeri. Pastinya update kali ini sangat bagus untuk Sobat BeHappy semua.

Pemerintah melalui Satgas Covid-19, telah mengeluarkan aturan baru tentang durasi karantina bagi Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN), yakni bisa dilakukan selama 3 hari saja dimana Peraturan itu berlaku mulai Rabu (2/3/2022). Untuk bisa melakukan karantina selama 3 hari saja ini, para Sobat BeHappy harus sudah vaksin penuh, atau dengan kata lain telah divaksin dosis kedua atau ketiga.

Aturan terkait masa karantina ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 9 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negera Pada Masa Pandemi Covid-19. Berikut ini adalah aturan mengenai durasi berapa lama masa karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri sesuai SE Nomor 9 Tahun 2022 tersebut:

  1. PPLN penerima vaksin dosis pertama: karantina selama 7 x 24 jam
  2. PPLN penerima vaksin dosis kedua atau dosis ketiga: karantina selama 3 x 24 jam
  3. PPLN usia di bawah 18 tahun atau di bawah 18 tahun dan membutuhkan perlindungan khusus: karantina mengikuti ketentuan yang diberlakukan kepada orang tua atau pengasuh atau pendamping perjalanannya.

Karantina bagi Sobat BeHappy selaku PPLN dilakukan secara terpusat lho Sobat. Selain itu, saat kedatangan, Sobat diwajibkan untuk melakukan tes PCR ulang. Sobat BeHappy nantinya akan melakukan tes PCR ulang yang dilakukan saat:

  1. Pagi hari ke-3 karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang melakukan karantina dengan durasi 3×24 jam.
  2. Hari ke-6 karantina untuk karantina dengan durasi 7×24 jam

Catet nih Sobat BeHappy untuk syarat bagi Sobat yang akan masuk ke wilayah Indonesia dari Luar Negeri, adalah sebagai berikut:

  1. Mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah
  2. Menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin, baik fisik atau digital dosis kedua minimal 14 hari sebelum keberangkatan
  3. Menunjukkan hasil negatif tes PCR di negara atau wilayah asal yang diambil maksimal 2×24 jam sebelujm berangkat dan dilampirkan saat isi e_Hac Internasional Indonesia.

Gimana Sobat?
Sekarang Sobat ga perlu nunggu lama untuk karantina ketika nantinya pulang dari Luar Negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *