2 Usulan AMPURI Untuk Menteri Haji Dan Umrah Saudi Agar Pelayanan Ibadah Umrah Lebih Meningkat

By. Miftahul Jannah - 03 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengajukan beberapa usulan strategis kepada Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq Fawzan Al Rabiah, dalam upaya meningkatkan layanan dan pengalaman bagi jamaah umrah asal Indonesia. Usulan-usulan tersebut disampaikan dalam pertemuan yang berlangsung di Hotel St. Regis, Jakarta, pada Selasa 30 April 2024 lalu.

 

Baca Juga : Rencana Perjalanan Ibadah Haji Tahun 1445 H/2024 M

 

Usulan-usulan tersebut antara lain, sebagai berikut: 

 

1. usulan tax refund bagi jemaah umrah

 

Salah satu usulan yang diajukan AMPHURI adalah penerapan skema tax refund bagi jamaah umrah yang berbelanja di seluruh wilayah Arab Saudi. Usulan ini dilatarbelakangi oleh kebijakan baru Arab Saudi yang memberikan kesempatan bagi pemegang visa umrah untuk memanfaatkan masa tinggal selama 90 hari dan mengunjungi semua destinasi wisata di negara tersebut.

 

Dengan adanya tax refund, jamaah umrah asal Indonesia diharapkan dapat leluasa berbelanja dan menikmati produk-produk lokal Arab Saudi tanpa khawatir membayar pajak yang tinggi. Skema ini juga dapat mendorong jamaah untuk memanfaatkan peluang wisata yang diberikan oleh Arab Saudi secara maksimal.

 

2. usulan pelatihan tour leader dan muthawif untuk mengenalkan wisata arab saudi kepada jemaah

 

Baca Juga : Jadwal Perjalanan Ibadah Haji 1445 H/2024 M untuk Jemaah Haji Indonesia

 

Selain usulan tax refund, AMPHURI juga menyarankan agar Pemerintah Arab Saudi memberikan pelatihan kepada Tour Leader dan Muthawif (pemandu wisata) Indonesia dalam penguasaan pengetahuan dan wawasan untuk memperkenalkan wisata Arab Saudi kepada jamaah.

 

 

Pelatihan ini dinilai penting mengingat jamaah umrah asal Indonesia kini memiliki kesempatan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di Arab Saudi selama masa tinggal 90 hari. Dengan adanya Tour Leader dan Muthawif yang terlatih dan memiliki wawasan luas mengenai objek-objek wisata di Arab Saudi, jamaah dapat memperoleh pengalaman wisata yang lebih optimal dan berkualitas.

 

Kedua usulan AMPHURI tersebut diharapkan dapat mendukung upaya Pemerintah Arab Saudi dalam meningkatkan layanan bagi jamaah umrah, khususnya dari Indonesia. Sebelumnya, Menteri Tawfiq telah menyampaikan beberapa kebijakan baru yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi jamaah umrah.

 

Baca Juga : Syarat Wajib Haji yang Harus Umat Muslim Ketahui

 

Dengan usulan-usulan yang diajukan AMPHURI serta kebijakan-kebijakan baru dari Pemerintah Arab Saudi, diharapkan dapat memberikan pengalaman ibadah umrah yang lebih baik dan berkesan bagi jamaah asal Indonesia. Pengalaman wisata yang menyenangkan tentunya akan menjadi nilai tambah bagi jamaah selain telah menunaikan ibadah suci di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp