5 Amalan Sunnah Idul Adha yang Bisa Kamu Lakukan Sebelum Berkurban

By. Dewi Savitri - 16 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Hari Raya Idul Adha berlangsung pada tanggal 10 Dzulhijjah. Biasanya, umat muslim akan melaksanakan kurban berupa kambing atau sapi atau bisa dengan hewa kurban lain yang ditentukan. Namun Sobat tau nggak sih kalau ternyata ada amalan lain selain berkurban yang dapat dilakukan pada Hari Raya Idul Adha. Amalan ini dicontohkan Rasulullah SAW, apa saja amalan tersebut?

 

Baca Juga: Sejarah Padang Arafah, Lokasi Wukuf Jamaah Haji

 

Berikut adalah beberapa amalan sunnah di Idul Adha selain berkurban yang dibisa dilakukan seluruh umat muslim:

 

1. Mengumandangkan Takbir

 

Saat malam Hari Raya Idul Adha umat Islam sangat dianjurkan untuk mengumandangkan takbir. Kegiatan ini biasa disebut dengan takbiran. Takbiran dapat dilakukan saat tenggelamnya matahari di ufuk barat hingga hari tasyrik pada waktu asar di tanggal 13 Dzulhijjah. Kumandang takbir menyerukan ajakan untuk menyebut kebesaran Allah SWT serta mengajak umat Islam untuk melakukan hal yang sama.

 

2. Mandi Wajib/Mandi Besar sebelum Sholat Idul Adha

 

Mandi Wajib atau Mandi Besar dilakukan sebelum melaksanakan sholat hari raya, baik itu Hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha. Mandi Besar dilakukan dengan tujuan bersuci dari hadas besar dan kecil yang menandakan bahwa kita kembali fitri di Hari Raya.

 

3. Menggunakan Pakaian Terbaik untuk Sholat Ied

 

Baca Juga: 3 Amalan di Hari Arafah yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

 

Pada hari raya besar Islam, umat muslim disunnahkan untuk menggunakan pakaian terbaiknya khususnya saat akan melaksanakan Sholat Ied baik itu Idul Fitri maupun Idul Adha. Pakaian terbaik yang dimaksud bukanlah pakaian baru yang mahal dari merek yang mewah, namun pakaian terbaik adalah pakaian yang paling bagus dari semua yang kita miliki karena sebaik-baiknya pakaian dihadapan Allah adalah pakaian ‘taqwa’.

 

4. Memakai Wewangian

 

Selain menggunakan pakaian terbaik, saat melaksanakan sholat Idul Adha umat muslim juga disunnahkan untuk menggunakan wewangian seperti minyak wangi. Minyak wangi yang digunakan tentunya adalah minyak wangi yang tidak berlebihan dan tidak berbau menyengat sehingga mengganggu orang yang berada didekat kita.

 

5. Berpuasa/Tidak Makan sebelum Sholat Ied

 

Pada Hari Raya Idul Adha, umat mulsim disunnahkan untuk berpuasa sejenak menahan diri untuk tidak makan dan minum sebelum melaksanakan Sholat Ied. Setelah selesai Shalat Ied umat muslim disunnahkan untuk segera makan. Hal ini berbeda dan berkebalikan dengan Hari Raya Idul Fitri.

 

Baca Juga: Penting!!! Inilah Hukum dan Hikmah Kurban, Ibadah Hari Raya Idul Adha

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Itulah beberapa amalan sunnah di Hari Raya Idul Adha yang bisa Sobat lakukan. Mari kita sambut Hari Raya Idul Adha tahun ini dengan penuh suka cita serta amalan sholeh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri semua. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp