Dari Tanah Jenis Apa Nabi Adam AS Diciptakan ?

By. Siti Rahmawati - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Menurut cerita dalam Al-Qur'an penciptaan manusia pertama, Adam, dilakukan oleh Allah dengan cara mengambil tanah atau debu sebagai materi dasar. Ini adalah konsep yang dikenal sebagai penciptaan manusia dari tanah atau penciptaan Adam dari tanah liat.

 

 

Sumber gambar : pexels.com

 

 

Nabi Adam AS adalah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Ia diciptakan dari tanah liat kering dan lumpur hitam, sebagaimana disebutkan dalam surah Al Hijr ayat 26.

Allah SWT berfirman,

 

 

وَلَقَدْ خَلَقْنَا الْاِنْسَانَ مِنْ صَلْصَالٍ مِّنْ حَمَاٍ مَّسْنُوْنٍۚ ٢٦

 

"Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari tanah liat (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk."

(QS. Al-Hijr: 26)

 

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah menciptakan manusia pertama, Adam, dari tanah liat yang diberi bentuk dan kemudian dihidupkan oleh Nafas-Nya.

 

 

Disebutkan dalam Qashash Al-Anbiyaa' karya Imam Ibnu Katsir, Nabi Adam AS diciptakan dari segenggam tanah yang diambil oleh malaikat dari seluruh muka bumi. Pendapat ini bersandar pada riwayat Imam Ahmad dalam Musnad Ahmad dan Shahih Al-Jami'.

 

 

Baca juga:

 

 

 

Dari Yahya dan Muhammad bin Ja'far, dari Auf, dari Qasamah bin Zuhair, dari Abu Musa, dari Nabi SAW, beliau bersabda,

 

"Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala menciptakan Adam dari segenggam tanah yang diambil (oleh malaikat) dari seluruh muka bumi. Maka keturunan Adam pun masing-masing terlahir sesuai dengan jenis tanah tersebut. Di antara mereka ada yang berkulit putih, merah, hitam, atau campuran (antara warna-warni itu). Di antara mereka ada yang buruk dan ada yang baik. Di antara mereka juga ada yang lembut, ada yang keras dan ada yang campuran (antara keduanya)."

 

Hadits tersebut turut diriwayatkan oleh Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibnu Hibban dalam kitab shahih-nya. Adapun, At-Tirmidzi mengatakan hadits tersebut termasuk kategori hadits hasan shahih.

 

 

Menurut riwayat As-Sudi dari Abu Malik dan Abu Saleh yang keduanya dari Ibnu Abbas dan dari Murrah, dari Ibnu Mas'ud dan dari sejumlah sahabat Rasulullah SAW lainnya, malaikat yang membawa tanah dari bumi untuk menciptakan Nabi Adam AS adalah Malaikat Maut atau Izrail.

 

Disebutkan dalam Tafsir Qashashi karya Syofyan Hadi, tanah yang diambil Malaikat Izrail sebagai bahan baku penciptaan Nabi Adam AS tersebut berasal dari tanah Ka'bah untuk bagian kepalanya, lalu tanah dari seluruh penjuru bumi untuk bagian dada, tanah dari Hindia untuk perut, tanah dari Masyriq untuk tangan, dan tanah Maghrib untuk bagian kaki.

 

Sebagaimana dikatakan dalam riwayat yang berasal dari Ibnu Abbas RA,

 

"Allah Ta'ala menciptakan tubuh Adam dari segala penjuru bumi. Adapun kepalanya dari debunya Ka'bah, dadanya dari segala penjuru bumi, punggungnya juga perutnya dari debunya Hindia, tangannya dari debunya tanah Masyriq dan kakinya dari debunya arah Maghrib."

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

 

Sementara itu, dalam riwayat Wahab bin Manhab dikatakan bahwa tanah yang digunakan untuk menciptakan Nabi Adam AS berasal dari tujuh tempat di bumi.

 

"Allah Ta'ala menciptakan Adam dari bumi-bumi yang tujuh. Adapun kepalanya dari bumi pertama, lehernya dari bumi kedua, dadanya dari bumi ketiga, tangannya dari bumi keempat, punggungnya dari bumi kelima, paha dan pantatnya dari bumi keenam, dan betisnya dari bumi ketujuh."

 

Konsep penciptaan manusia dari tanah atau tanah liat mengandung makna bahwa manusia berasal dari bahan yang sederhana, tetapi Allah memberikan kehidupan dan roh kepada manusia, sehingga ia menjadi makhluk yang hidup dan memiliki kemampuan intelektual, spiritual, dan kehidupan yang kompleks.

 

Penciptaan manusia dari tanah atau tanah liat juga mengajarkan manusia untuk merendahkan diri dan menyadari sifat keterbatasan dan ketergantungan mereka kepada Allah sebagai Pencipta yang Maha Agung.

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp