Tanah Haram, Ini Dia 5 Fakta Menarik Kota Madinah

By. Dewi Savitri - 20 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Madinah adalah salah satu kota yang dikunjungi umat Islam ketika menjalankan ibadah haji dan umrah. Di Kota Madinah, jamaah akan melaksanakan berbagai rangkaian ibadah. Kota Madinah merupakan kota yang sangat Istimewa bagi umat muslim salah satu alasannya adalah karena kota ini merupakan kota dimana Rasulullah SAW hijrah dan meninggal dunia. Di kota ini pula terdapat makam baginda Rasulullah SAW dan para Sahabatnya.

 

Baca Juga: Ini Dia Tempat-tempat yang Harus Kamu Kunjungi di Madinah

 

Selain itu ada beberapa fakta tentang Kota Madinah yang membuatnya menjadi kota yang istimewa. Beberapa fakta menarik Kota Madinah yaitu sebagai berikut:

 

1. Kota Suci Kedua Umat Muslim

 

Madinah merupakan kota suci kedua bagi umat muslim setelah Kota Makkah. Berbagai kisah persebaran umat Islam pada masa Rasulullah terjadi disini. Terdapat pula tiga masjid tertua umat Islam di Kota Madinah, tiga masjid tersebut yaitu Masjid Quba, Masjid Nabawi, dan Masjid Qiblatain.

 

2. Letak Geografis

 

Kota Madinah merupakan kota yang dikelilingi beberapa bukit. Di sebelah Selatan terdapat bukit E’ir dan Wadi Al-Aqiq, di sebelah Barat Laut terdapat Bukit Silaa’, dan di sebelah Utara terdapat Bukit Jabal Uhud, Jabal Tsur dan Wadi Qanat. Sementara itu, di sebelah Timur Kota Madinah, merupakan Tanah Hitam (Harrah) Waqim Asy-Syariyyah, serta disebelah baratnya adalah Harrah Wabrah Al-Gharbiyyah.

 

3. Tanah Haram

 

Kota Madinah merupakan salah satu kota yang dijadikan Tanah Haram oleh Rasulullah SAW. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari yang artinya:

 

Baca Juga: Ini Dia 7 Keistimewaan Kota Madinah yang Harus Kamu Tau

 

“Sesungguhnya Nabi Ibrahim telah mengharamkan Makkah dan berdoa untuknya. Dan aku mengharamkan Madinah, sebagaimana Nabi Ibrahim mengharamkan Makkah. Dan aku berdoa untuk keberkahan Madinah, baik dalam mud maupun sha’nya. Sebagaimana Nabi Ibrahim berdoa untuk Makkah”.

 

4. Terdapat Jannatul Baqi

 

Jannatul Baqi adalah sebuah pemakaman di Madinah yang menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi banyak sahabat Nabi Muhammad SAW serta keluarganya. Tempat ini juga menjadi destinasi penting bagi para peziarah yang datang ke Madinah.

 

5. Siapa Saja yang Berkunjung Akan Merasa Tenang

 

Siapa saja yang mengunjungi Kota Madinah akan memperoleh ketenangan. Abu Hurairah menuturkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya iman akan berkumpul di Madinah, sebagaimana berkumpulnya ular ke sarangnya” (H.R. Al-Bukhari).

 

Baca Juga: Jangan Salah Paham!! Ini Dia 5 Budaya Masyarakat Arab yang Harus Kamu Tau

 

Waallahu A'alam Bisshowab

Itulah beberapa fakta menarik Kota Nabi, Kota Madinah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian. Selamat mengunjungi Kota Madinah, selamat beribadah!!

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp