Habbatus Sauda' : Obat Untuk Segala Macam Penyakit, Kecuali Kematian !!!

By. Siti Rahmawati - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Habbatusauda atau jinten hitam merupakan salah satu jenis biji-bijian yang banyak digunakan untuk menjaga kesehatan.

Habbatussauda adalah biji jintan hitam yang berasal dari tanaman berbunga tahunan bernama Nigella sativa dari keluarga Ranunculaceae, tanaman asli Asia Selatan dan Asia Barat.

 

 

Di Indonesia, habbatussauda memiliki nama lain jintan hitam. Olahan tanaman ini menghasilkan ekstrak minyak untuk pengobatan tradisional. Jika mengoleskannya, bisa memberikan manfaat bagi kulit dan rambut.

 

 

Sumber gambar : detik.com

 

 

Rempah berwarna hitam ini telah dikenal sejak ribuan tahun lalu. Banyak digunakan oleh masyarakat di India, Pakistan, dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Penggunaan jintan hitam ditujukan untuk mengobati beragam penyakit.

 

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Bahkan bagi umat muslim, habbatussauda telah dinyatakan sebagai obat segala penyakit menurut Nabi Muhammad SAW.

 

Dalam hadist Abu Hurairah r.a., Rasullulah SAW bersabda,

"Sesungguhnya pada jinten hitam itu terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali kematian."

 

 

 

Dikutip dari siaran pers Deltomed, berikut manfaat Habbatusauda :

 

1. Obat beragam penyakit dan meningkatkan produksi ASI

 

Menurut A review on Therapeutic Potential of Nigella Sativa: A Miracle Herb , habbatusauda banyak digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit seperti bronkitis, asma, diare, rematik dan gangguan kulit.

Selain itu, bagi ibu menyusui, habbatusauda juga memiliki manfaat meningkatkan produksi ASI. Kandungan thymoquinone (TQ) pada habbatusauda membuat biji-bijian hitam ini menjadi kaya manfaat.

Selain TQ, kandungan lain yang terdapat dalam habbatusauda antara lain protein 20-85%, lemak 38,20%, serat 7-94%, dan karbohidrat 31,94%.

 

2.    Mengatasi masalah kulit

 

Dalam jurnal A Review on the Cosmeceutical and External Applications of Nigella sativa  disebutkan bahwa habbatusauda juga memiliki manfaat untuk mengatasi beragam masalah dermatologis dan anti inflamasi seperti mulai dari jerawat hingga luka bakar.

Dalam studi yang dilakukan pada 62 pasien, pada pasien yang memiliki jerawat dan menggunakan lotion habbatusauda sebagai terapi menunjukkan tingkat kesembuhan yang lebih baik dalam peradangan kulit mereka.

 

3.    Dapat dikonsumsi untuk program hamil

 

Habbatusauda baik digunakan bagi yang sedang melangsungkan program kehamilan. Habbatusauda memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang baik untuk kesuburan dan keberhasilan promil.

Pada penelitian ini dijelaskan bahwa habbatussauda dapat meningkatkan kualitas sperma pria yang didiagnosis mengalami infertilitas.

 

4.    Membantu menurunkan berat badan

 

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi minyak habbatussauda dapat membantu mengurangi obesitas, sindrom metabolik, atau diabetes tipe 2.

 

5. Membantu menurunkan gejala asma

 

Asma adalah penyakit kronis yang menyebabkan pembengkakan di saluran pernapasan. Kondisi ini memicu penyempitan otot di area tersebut, sehingga membuat pengidapnya kesulitan bernapas.

Gejala tersebut bisa diatasi dengan menggunakan minyak jintan hitam. Nutrisi di dalamnya bekerja dengan mengurangi peradangan dan mengendurkan otot di saluran pernapasan. Dengan begitu, gejala asma bisa membaik.

 

 

 

Baca juga:

 

 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp