Amirul Hajj dan Tugasnya, Ini Dia Pemimpin Misi Haji Indonesia

By. Dewi Savitri - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Akhirnya musim haji yang kita tunggu-tunggu sudah tiba, tapi apakah sobat pernah mendengar istilah tentang Amirul Hajj? Apa itu Amirul Hajj?

 

Baca Juga: Seperti Halnya Melempar Syaiton, Berikut Keutamaan dari Lontar Jumrah !

 

Amirul hajj berasal dari Bahasa Arab yang terdiri dari dua kata yaitu ‘Amirul’ yang berarti pemimpin dan ‘Hajj’ yang berarti haji. Jadi Amirul Hajj secara bahasa memiliki arti pemimpin jamaah haji. Secara istilah Amirul Hajj dapat diartikan sebagai pemimpin misi dan jemaah haji (Indonesia) di Arab Saudi.

 

Dalam perjalanan ibadah haji, Indonesia telah menyiapkan dengan sedemikian rupa dengan mengangkat tim kerja persiapan haji yang dipimpin oleh seorang Amirul Hajj. Amirul hajj biasanya ditempati oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Dalam pelaksanaannya, Amirul Hajj akan didampingi oleh Naib Amirul yang berarti wakil-wakil pemimpin haji.

 

Tim ini terdiri dari sejumlah anggota yang berasal dari berbagai Lembaga dan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Indonesia seperti MUI, Perguruan Tinggi, lintas Kementerian dan lain sebagainya. Secara garis besar, tugas utama seorang Amirul Hajj yaitu melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji di Arab Saudi agar penyelenggaraan ibadah haji berjalan dengan lancar. Adapun tugas Amirul Hajj secara terperinci yaitu sebagai berikut:

 

Baca Juga: Dapatkan Pahala Haji, Ini Dia 3 Waktu Terbaik Tunaikan Ibadah Umrah

 

  1. Memastikan jamaah haji dapat melakukan ibadah haji dengan baik sesuai syariat islam
  2. Memastikan pelayanan haji telah diberikan secara optimal baik dari teknis penyelenggaraan ibadah haji urusan transportasi, akomodasi, katering dan lain sebagainya
  3. Melakukan pengawasan dan evaluasi trehadap kondisi yang ada di lapangan baik kepada jamaah maupun pembimbing haji

 

Selain itu Amirul Hajj juga harus melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan ibadah haji dengan cara menyerap seluruh informasi dalam pelaksanaan ibadah haji baik dari penyelenggara maupun jamaah agar bisa dibenahi di prosesi pemberangkatan ibadah haji berikutnya. Upaya ini dilakukan agar jamaah haji merasa nyaman selama melaksanakan serangkaian ibadah haji di Tanah Suci.

 

Jadi Amirul Hajj adalam seseorang yang bertugas menjadi pemimpin misi haji untuk memastikan proses penyelenggaraan ibadah haji baik di Tanah Air mupun di Tanah Suci berjalan dengan lancar. Ada satu fakta menarik bahwa pada tahun 2023 ini, Amirul Hajj dibantu Naib Amirul telah melibatkan perempuan didalam timnya itu untuk memaksimalkan kinerja mereka dengan memastikan fasilitas bagi jamaah haji perempuan tersedia dengan baik. Itulah informasi mengenai Amirul Hajj Indonesia dan tugas-tugasnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua.

 

Baca Juga: 4 Suplemen Ini Bantu Kamu Jaga Kebugaran Tubuh Saat Umrah

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp