Ka'bah Diberi Parfum 10 Kali Sehari? Ini Dia Fakta Ka'bah yang Jarang Diketahui

By. Dewi Savitri - 23 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Sobat tau gak sih kalau Masjidil Haram dan Ka’bah yang menjadi tujuan utama jamaah haji dan umrah itu rutin disemprot parfum khusus lho? Bahkan kabarnya, dalam satu hari Ka’bah disemprot parfum sebanyak 10 kali.

 

Baca Juga: Jadi Kiblat Umat Islam se-Dunia, Beginilah Isi Ka'bah !

 

Yap!! Sobat tidak salah baca kok, dikutip dari Saudi Press Agency (SPA), Masjidil Haram dan Ka’bah rutin disemprot parfum khusus hingga sepuluh kali dalam satu hari. Jadwal penyemprotan parfum di Masjidil Haram dan Ka’bah akan ditambah saat hari-hari sibuk. Hari-hari sibuk yang dimaksud yaitu hari Jum’at, musim haji, dan bulan Ramadhan. Menyemprotkan parfum di Masjidil Haram dan Ka’bah dipandang sebagai tindakan pelayanan dan penghormatan terhadap situs suci umat islam itu. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan dengan tujuan memberikan suasana khusyu serta kesucian pada jutaan jamaah yang sedang beribadah di masjid tersebut.

 

Parfum yang digunaka untuk disemprotkan ke Masjidil Haram dan Ka’bah merupakan parfum khusus yang dibuat dari bahan-bahan premium berkualitas tinggi. Sebanyak 60 pembakar dupa digunakan setiap hari untuk membakar 60kilogram oud di masjid. Oud adalah salah satu bahan baku parfum yang berasal dari kayu gaharu yang wangi. Hanya oud dengan kualitas terbaik yang digunakan sebagai pengharum Masjidil Haram.

 

Area yang diberikan pengharuman ini meliputi area Hijr Ismail dan lenteranya, Ka’bah, Hajar Aswad, dan Al-Multazam yang merupakan ruang disepanjang dinding Ka’bah antara Hajar Aswad dan Pintu Ka’bah.

 

Baca Juga: Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Para pekerja bekerja 10 kali sehari dalam 3 shift, termasuk memolesnya masing-masing satu kali saat siang dan malam hari. Unit parfum kepresidenan ini sangat berhati-hati dalam membersihkan dan mengharumkan Ka’bah serta Masjidil Haram sehingga dipastikan tidak akan mengganggu kenyamanan jamaah umrah ataupun jamaah sholat lima waktu.

 

Wah pantes aja ya bau harum di Masjidil Haram khas banget, ternyata memang selama ini Masjidil Haram telah dirawat dengan berbagai perawatan yang sangat baik dan hati-hati untuk kenyamanan jamaah yang beribadah disana. Gimana, apakah sobat sudah pernah kesana? Jangan lupa tinggalin komen dibawah ya!!

 

Baca Juga: Ini Dia 5 Fakta Unik Kiswah Ka'bah

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp