Kemegahan Desain Arsitektur di Masjid Raya Sumatera Barat

By. Danan - 31 Jan 2023

Bagikan:
img

Assalamu’alaikum sobat Annabil!

Padang memiliki wisata religi yang sangat terkenal loh sobat!
Udah pada tahu belum? Coba tebak.

Yap, Masjid Raya Sumatera Barat namanya. Masjid ini berlokasi di Jl. Khatib Sulaiman, Alai Parak Kopi, Kec. Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat.

Masjid ini ramai dikunjungi sebab memiliki keunikan yang berbeda dibandingkan masjid lainnya. Apa aja ya keunikan dari masjid ini? Yuk simak terus infonya ya!

Tak seperti masjid pada umumnya yang memiliki kubah, masjid ini justru tak memiliki kubah. Di desain tahan gempa yang atapnya berbentuk khas budaya Minangkabau memiliki 4 sudut lancip dan bangunannya yang berbentuk gonjong.

Konstruksi masjid ini memiliki 3 lantai utama yang dimana lantai 1 dan 2 dijadikan sebagai tempat utama ibadah dan lantai 3 jika sepi dijadikan sebagai tempat peristirahatan.

Bagian samping masjid juga terdapat menara setinggi 85 meter yang terbuka untuk umum sebagai tempat wisata. Kamu bisa mamasuki menara dengan menaiki lift hingga ke bagian atas pada ketinggian 44 meter, sehingga dapat menyaksikan pemandangan Kota Padang dari atas.

Masjid ini juga dijuluki sebagai masjid 1000 angin loh sobat! Kenapa? Karena sangat banyaknya pintu yang terdapat di masjid ini.

Lalu, siapa arsitek yang mendesain bangunan ini?

Masjid ini di desain oleh Rizal Muslimin yang bekerja di kantor arsitektur Bandung, Urbane Indonesia. Rizal menjadi pemenang dari sayembara arsitektur yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara.

Karena desain arsitekturnya yang mewah dan unik, Masjid Raya Sumatera Barat ini berhasil bersaing dengan 201 masjid di 43 negara di dunia dan menjadi pemenang Abdullatif Al-Fozan Award, yaitu ajang penghargaan yang menampilkan karya dan desain masjid dari negara-negara berpenduduk Muslim di dunia. 

Wah, keren sekali bukan? Tunggu apalagi? Yuk kunjungi masjid ini bersama Annabil Tour! Jangan sampai ketinggalan yah.

 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp