7 Tips yang Bisa Kamu Lakukan Saat Wukuf di Arafah

By. Dewi Savitri - 30 Jun 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji adalah ibadah yang dilakukan setiap tahun pada bulan Dzulhijjah oleh umat Islam diseluruh dunia untuk memenuhi panggilan Allah. Arafah menjadi salah satu tempat suci yang memiliki keutamaan dalam pelaksanaan rukun haji. Rukun haji yang dilaksanakan di Arafah tersebut adalah wukuf. Wukuf adalah bagian penting jamaah haji yang menentukan ibadah haji seseorang, jika tidak melaksanakan wukuf maka hajinya dinyatakan tidak sah.

 

Baca Juga: Larangan Bawa Air Zamzam Demi Keselamatan

 

Apa saja yang harus diperhatikan jamaah haji saat melaksanakan wukuf di Arafah? Berikut adalah tips bagi jamaah haji selama di Arafah:

 

1. Membperbanyak Dzikir dan Do’a

 

Jamaah haji disarankan untuk membaca talbiyah, kalimat tauhid dan Al-Qur’an selama wukuf di Arafah. Selain itu jamaah juga disarankan untuk berdzikir karena Arafah merupakan tempat yang diyakini umat muslim sebagai tempat terkabulnya do’a.

 

2. Yakin

 

Jemaah haji harus yakin bahwa berdoa dengan penuh keyakinan memandakan pertolongan dan kebaikan Allah itu ada.

 

3. Wukuf

 

Mengikuti proses wukuf dengan khidmat dan memanfaatkan waktu wukuf dengan sebaik-sebaiknya.

 

4. Jaga Kesehatan

 

Jamaah haji dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan, banyak minum air putih, makan dan istirahat yang cukup, tetap berada didalam tenda.

 

Baca Juga: Jangan Tertipu!! Inilah Biaya Badal Haji yang Harus Kamu Tau

 

5. Sholat

 

Selain bedzikir dan berdo’a jamaah haji juga dihimbau untuk tetap melaksanakan sholat lima waktu karena sholat merupakan ibadah yang paling utama.

 

6. Sabar

 

Bagi jamaah yang sakit agar bersabar, ikhtiar berobat, serta dzikir dan doa untuk kesembuhan.

 

7. Tafakur

 

Selama wukuf, jamaah haji disarankan untuk bertafakur merenungi kebesaran Allah SWT, Merasa dirinya kecil dan tak berdaya, berserah diri dan mengharap pertolongan Allah SWT.

 

Baca Juga: Hari Tasyrik dan Amalan Terbaik Saat Hari Tasyrik

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan jamaah haji saat melaksanakan wukuf di Arafah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp