Jadilah Haji Mabrur dan Ketahui 6 Hikmah Ibadah Haji Berikut Ini

By. Dewi Savitri - 04 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi umat Muslim yang mampu secara fisik dan finansial. Setiap tahunnya, jutaan orang Muslim dari berbagai penjuru dunia berbondong-bondong menuju Baitullah di Makkah untuk menjalankan ibadah haji. Di balik kemeriahan dan kerumitan pelaksanaannya, ibadah haji memiliki berbagai manfaat besar dan tujuan mulia. Artikel ini akan mengupas secara mendalam tentang hikmah ibadah haji, yang membawa kebaikan di dunia dan akhirat. Berikut adalah hikmah ibadah haji:

 

Baca Juga: Mau Pergi Haji? Ini Dia 6 Rukun Haji yang Harus Kamu Pahami

 

1. Mengikhlaskan Seluruh Ibadah

 

Salah satu hikmah utama dari ibadah haji adalah mengajarkan umat Muslim untuk mengikhlaskan seluruh ibadah semata-mata untuk Allah Subhanahu wa Ta'ala. Ketika para jamaah haji berdiri di hadapan Ka'bah yang mulia, mereka meyakini bahwa tidak ada yang patut diibadahi kecuali Allah, satu-satunya Pencipta yang memiliki sifat-sifat mulia. Hikmah ini tercermin dalam firman Allah QS. Al-Hajj (22:26) yang menyatakan bahwa:

 

وَإِذْ بَوَّأْنَا لِإِبْرَاهِيمَ مَكَانَ الْبَيْتِ أَنْ لَا تُشْرِكْ بِي شَيْئًا وَطَهِّرْ بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْقَائِمِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

 

Artinya: “Dan ingatlah ketika Kami menempatkan tempat Baitullah untuk Ibrahim dengan menyatakan: “Janganlah engkau menyekutukan Aku dengan apapun dan sucikan rumah-Ku ini bagi orang-orang yang thawaf, beribadah, ruku dan sujud”.” (QS.Al-Hajj/22: 26)

 

2. Mendapat Ampunan Dosa dan Balasan Jannah

 

Pelaksanaan haji dengan ikhlas dan tanpa dosa besar membawa pahala yang besar pula. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyatakan bahwa:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : اَلْعُمْرَةُ إِلَى اَلْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا, وَالْحَجُّ اَلْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلَّا اَلْجَنَّةَ

 

Artinya: “Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Satu umrah sampai umrah yang lain adalah sebagai penghapus dosa antara keduanya dan tidak ada balasan bagi haji mabrur kecuali jannah” [HR Bukhari dan Muslim, Bahjatun Nanzhirin no. 1275]

 

Kemudian terdapat pula sebuah hadis yang menyatakan bahwa:

 

مَنْ حَجَّ لِلَّه فَلَمْ يَرْفُثْ وَ لَمْ يَفْسُقْ رَجَعَ كَيَوْمٍ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ

 

Artinya: “Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata : “Aku mendengar Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa barang siapa berhaji ke Baitullah ini karena Allah, tidak melakukan rafats dan fusuuq, niscaya ia kembali seperti hari ia dilahirkan oleh ibunya” (HR Bukhari)

 

Baca Juga: Hikmah Kafarat Pelanggaran Sumpah, Atas Nama Allah SWT

 

3. Menyambut Seruan Nabi Ibrahim AS

 

Ibadah haji juga mencerminkan penghormatan terhadap seruan Nabi Ibrahim AS, yang diperintahkan Allah untuk mengajak manusia berhaji. Hingga kini, seruan itu masih didengar dan diikuti oleh jutaan orang dari berbagai belahan dunia.

 

4. Saling Mengenal dan Saling Menasehati

 

Ibadah haji menjadi momentum bagi kaum Muslimin dari seluruh dunia untuk saling mengenal, berwasiat, dan saling menasehati dalam beragam hal. Saat berkumpul di Baitullah, mereka saling belajar, berbagi pengalaman, dan membantu satu sama lain dalam mencapai ketakwaan yang lebih baik.

 

5. Mempelajari Agama Allah SWT

 

Selama menjalankan ibadah haji, para jamaah berkesempatan mempelajari agama Islam secara mendalam. Mereka berada di lingkungan yang penuh berkah, di mana mereka bisa menggali lebih dalam tentang ajaran Islam dan meningkatkan pemahaman mereka tentang tuntunan agama.

 

6. Menyebarkan Ilmu

 

Ibadah haji juga memberikan peluang bagi para jamaah untuk menyebarkan ilmu yang mereka miliki kepada sesama. Di tengah perjalanan, mereka saling berdiskusi, bertukar informasi, dan memberikan nasihat yang bermanfaat. Hal ini membawa kebaikan dan menambah pengetahuan bagi mereka yang terlibat dalam ibadah haji.

 

Baca Juga: Hikmah : Mencontoh Keteladanan Hidup dari Lebah

 

Ibadah haji adalah ibadah yang memiliki hikmah dan manfaat yang besar bagi umat Muslim. Dalam pelaksanaannya, para jamaah haji dapat mengikhlaskan seluruh ibadah untuk Allah, mendapatkan ampunan dosa, dan memperoleh balasan Jannah. Ibadah haji juga merupakan bentuk penghormatan terhadap seruan Nabi Ibrahim AS serta memberikan berbagai manfaat bagi kaum Muslimin, seperti persatuan, keimanan yang kuat, dan saling membantu dalam kebaikan. Selain itu, ibadah haji membawa kesempatan untuk mempelajari agama Islam secara mendalam dan menyebarkan ilmu kepada sesama. Oleh karena itu, setiap Muslim yang mampu sebaiknya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan menjalankan ibadah haji dengan ikhlas dan penuh kebaikan.

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp