6 Tips Mudah Belajar Mengaji Al-Qur'an

By. Dewi Savitri - 20 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Sebagai orang tua yang beriman, tentu kita menginginkan anak-anak kita tidak hanya memiliki prestasi akademik yang baik, tetapi juga pintar mengaji Al-Quran. Peran orang tua sangat penting dalam membantu keberhasilan anak dalam belajar mengaji. Jika kamu ingin anak kamu cepat pintar membaca Al-Quran, berikut adalah beberapa metode cepat belajar ngaji yang bisa kamu terapkan:

 

Baca Juga: Jum'at Berkah, Ini Dia 5 Amalan Hari Jum'at

 

1. Memperkenalkan Huruf Hijaiyah

 

Langkah pertama untuk belajar mengaji dari nol adalah memperkenalkan huruf hijaiyah. Kamu bisa mengajak anak dengan cara yang menyenangkan dan menarik, seperti menggunakan gambar huruf hijaiyah dengan berbagai warna yang ditempelkan di dinding kamar atau ruang bermain anak. Selain itu, menggunakan lagu dengan nyanyian huruf hijaiyah juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Penting untuk membangun komunikasi yang baik dengan anak dan menjelaskan pentingnya memahami bacaan Al-Quran. Setelah anak mengenal huruf-huruf hijaiyah, ulangi hafalan huruf tersebut hingga anak benar-benar menghafalnya.

 

2. Pahami Tanda Baca dalam Huruf Hijaiyah (Harakat)

 

Setelah anak mempelajari dan menghafal huruf hijaiyah, kenalkan pula tanda baca atau harakat dalam bacaannya. Tanda baca ini berfungsi untuk menentukan tata cara pengucapan huruf hijaiyah dengan baik dan benar. Beberapa tanda baca yang perlu dipelajari adalah Fathah, Kasrah, Dammah, dan lain sebagainya.

 

3. Belajar Iqra Terlebih Dahulu

 

Sebagai langkah awal dalam belajar mengaji, tidak perlu langsung membaca Al-Quran. Berikan anak buku Iqra terlebih dahulu. Beritahu anak bahwa sebelum membaca Al-Quran, mereka harus belajar Iqra terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membaca Iqra per jilid dan mengulangi bacaan sampai anak memahami dan mengerti. Dengan langkah ini, anak akan lebih mudah dalam membaca Al-Quran. Jangan lupa memberikan pujian kepada anak setelah belajar mengaji agar mereka semakin termotivasi.

 

Baca Juga: Surat Pembuka, 5 Keutamaan Surat Al-Fatihah yang Harus Kamu Tau

 

4. Belajar dengan Tekun dan Konsisten

 

Tekun dan konsisten adalah kunci sukses dalam belajar mengaji. Pastikan anak belajar mengaji secara rutin dan dilakukan setiap hari. Dengan cara ini, anak akan lebih cepat lancar membaca Al-Quran.

 

5. Sering Mendengarkan Al-Quran

 

Manfaatkan berbagai media, seperti Youtube, MP3, atau siaran radio yang membacakan Al-Quran, untuk mengajari anak-anak mendengarkan bacaan Al-Quran secara lebih sering. Selain itu, putar juga zikir dan bacaan doa-doa untuk anak saat berada di rumah. Hal ini akan membangun kebiasaan baik dalam diri anak untuk selalu mendekatkan diri kepada Al-Quran.

 

6. Ajak Anak Belajar Mengaji di TPQ atau TPA

 

Selain belajar di rumah, ajak juga anak untuk belajar mengaji di Taman Pendidikan Quran (TPQ) atau Taman Pendidikan Agama (TPA). Di sana, anak akan mendapatkan pembelajaran lebih mendalam tentang mengaji, menghafal doa-doa, menulis huruf hijaiyah, dan memperdalam tajwid. Partisipasi anak di TPQ atau TPA akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif.

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu akan melihat kemajuan pesat kemampuan belajar mengaji anak. Ingatlah bahwa memberikan pendidikan agama yang baik sejak dini adalah investasi terbaik untuk masa depan anak. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mendampingi anak-anak belajar mengaji dengan cepat dan efektif. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: 8 Adab Membaca Al-Qur'an bagi Umat Muslim

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp