PT. Pelayaran Arafat, Umat Islam Memiliki Kapal Haji

By. Siti Rahmawati - 21 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sesudah penyerahan kedaulatan, Menteri Agama RIS K.H.A. Wahid Hasjim tahun 1951 menghidupkan kembali cita-cita lama umat Islam Indonesia melalui para pemimpinnya untuk memiliki kapal haji.

 

Usaha pengumpulan saham kepada calon-calon haji untuk pembelian kapal haji dihidupkan kembali. Rencana tersebut menemui kegagalan dan uang saham yang telah terkumpul dikembalikan kepada masing-masing tanpa potongan.

 

Cita-cita pengadaan kapal haji yang mengalami liku-liku sejarah panjang baru terwujud pada 1 Desember 1964/27 Rajab 1384 dengan berdirinya PT. Pelayaran Arafat. Pelindung PT. Arafat adalah Presiden Soekarno selaku pribadi. 

 

Para pendiri PT. Pelayaran Arafat antara lain; Letjen H.M. Muljadi Djojomartono selaku Ketua Wali Pemegang Saham, Jenderal A.H. Nasution, Ali Sadikin, H. Anwar Tjokroaminoto, K. Broto Sutardjo dan H. Bakrie Sudja’. Sri Sultan Hamengkubowono IX juga sebagai pendiri PT. Pelayaran Arafat. 

 

Baca juga : 

 

Saham PT. Pelayaran Arafat berasal dari umat Islam calon jemaah haji dan saham pemerintah. Pengumpulan dana sebagai saham pembelian kapal haji diatur dan dilaksanakan oleh Dewan Urusan Haji dengan restu Presiden Soekarno.

 

PT. Pelayaran Arafat tahun 1965 membeli 3 buah kapal laut untuk pengangkutan jemaah haji. Salah satunya diberi nama oleh Presiden Soekarno, Kapal Nyut Nya’ Dhien Srikandi Muslimah. Sedangkan permintaan untuk menyelenggarakan perjalanan haji dengan pesawat udara tidak disetujui pemerintah.

 

 Setelah beberapa tahun beroperasi, perusahaan milik umat Islam itu mengalami kesulitan keuangan disebabkan missmanagement di tengah semakin bertambahnya pendaftar haji. Pemerintah tidak bisa menyelamatkan PT Pelayaran Arafat dan menyatakannya pailit sekitar tahun 1976.

 

Perjalanan haji dengan transportasi kapal laut ditiadakan mulai tahun 1979, tidak lama setelah PT. Pelayaran Arafat dinyatakan pailit. Sejak saat itu transportasi haji hanya menggunakan pesawat udara.

 

Baca juga : 

 

Waallahu A'alam Bisshowab

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp