7 Adab Bekerja dalam Islam Agar Tetap Berkah

By. Dewi Savitri - 25 Jul 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Sebagai makhluk Allah SWT, manusia memiliki keinginan untuk hidup sukses dan sejahtera dengan kecukupan harta yang bisa diwariskan hingga keturunan. Dalam Islam, kunci kesuksesan yang utama adalah dengan berdoa dan berikhtiar.

 

Baca Juga: Pentingnya Mencari Nafkah dalam Islam

 

Berdoa merupakan cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon rezeki yang lancar bagi hamba yang taat dan senantiasa mengikuti petunjuk-Nya dalam setiap langkahnya. Berdoa melibatkan melaksanakan ibadah wajib seperti sholat lima waktu dan puasa Ramadhan, serta menjalankan amalan-amalan sunnah seperti sholat sunnah, puasa sunnah, dzikir, dan lainnya.

 

Sementara itu, berikhtiar adalah upaya dalam dunia yang melibatkan usaha-usaha seperti mendirikan usaha, berdagang, bekerja, atau kegiatan lainnya yang bertujuan untuk mencari imbalan atau keuntungan serta membantu orang lain dengan usaha kita. Dalam Islam, bekerja dengan cara ini bahkan dianggap sebagai ibadah yang memperoleh kemuliaan bagi pemeluknya yang tulus dalam bekerja untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

 

Dalam hadis, dinyatakan bahwa Allah SWT mencintai seorang mu'min yang bekerja dengan giat. Juga, berkat bekerja dengan tekun dan sungguh-sungguh, seseorang bisa terhindar dari azab neraka. Rasulullah SAW mencium tangan seorang pekerja yang melepuh dan menghitam karena sinar matahari, karena ia bekerja keras untuk memenuhi tanggung jawab keluarganya.

 

Berikut adalah beberapa adab bekerja dalam islam:

 

1. Niatkan Ikhlas Karena Allah SWT (Lillahi Ta’ala)

 

Niat dalam bekerja haruslah murni karena mengharap ridha Allah SWT semata. Bekerja bukan hanya tentang mencari uang dan keuntungan, tetapi juga merupakan kewajiban bagi seorang Muslim untuk mencari nafkah, menunaikan kewajiban Islam seperti zakat, infak, dan shadaqah, serta menjalankan perintah-Nya dengan penuh keikhlasan.

 

2. Bekerja Dengan Tekun Dan Sungguh-Sungguh (Itqon)

 

Totalitas dalam bekerja sangatlah penting. Menepati waktu, menyelesaikan tugas, dan tidak menunda-nunda adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar menjadi pekerja yang profesional.

 

3. Mengutamakan Kejujuran Dan Amanah Dalam Bekerja

 

Menjaga kejujuran dan amanah dalam bekerja adalah tanggung jawab penting. Kesuksesan juga bergantung pada kepuasan dan kepercayaan klien, yang hanya bisa didapatkan melalui integritas dalam pekerjaan.

 

Baca Juga: Cari Nafkah Berkah dengan Mengikuti 7 Adab Jual Beli dalam Islam

 

4. Memahami Dan Menerapkan Etika Sebagai Seorang Muslim

 

Seorang Muslim harus menghadirkan etika Islam dalam setiap aspek pekerjaannya. Hal ini mencakup tutur kata, berpakaian sopan, bersikap santun dalam bergaul, dan lainnya.

 

5. Tetap Memegang Teguh Prinsip-Prinsip Syariah

 

Memegang teguh prinsip-prinsip syariah adalah hal yang penting dalam bekerja. Prinsip ini mencakup melaksanakan pekerjaan yang halal dan meninggalkan yang haram.

 

6. Menghindari Syubhat

 

Syubhat adalah hal-hal yang hukumnya masih samar dan diragukan. Seorang Muslim harus menjauhi hal-hal yang tidak jelas kehalalannya.

 

7. Menjaga Ukhuwah Islamiyah

 

Ukhuwah Islamiyah antara sesama Muslim harus dijaga dengan baik. Persaingan dalam pekerjaan wajar terjadi, tetapi kerjasama dan saling mendukung harus senantiasa dijaga.

 

Adab bekerja dalam Islam mengajarkan untuk menjadi pekerja yang ikhlas, profesional, jujur, beretika, mengikuti prinsip syariah, menghindari keraguan dalam pekerjaan, dan memelihara ukhuwah Islamiyah. Dengan menerapkan adab ini, pekerjaan kita akan menjadi berkah dan mendapatkan ridha Allah SWT. Semoga artikel ini memberikan pengetahuan dan meningkatkan iman kita semua. Amin.

 

Baca Juga: 6 Adab Keluar Rumah Agar Tetap Berkah

 

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp