Mengenal Jabal Uhud, Destinasi Ziarah Madinah

By. Abid Rauf - 15 Feb 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Annabil sekalian, berikut ini beberapa informasi tentang destinasi wajib dari ziarah Umroh khususnya di Kota Madinah. Yuk simak informasi berikut.

 

Jabal Uhud bukanlah hanya sekedar gunung biasa. Jabal Uhud memiliki nilai sejarah yang sangat berharga bagi umat islam. Bahkan Jabal Uhud adalah salah satu gunung yang dijanjikan kelak ada di surga. Sebagaimana diriwayatkan oleh Bukhari “Jika kita hendak melihat gunung yang terdapat di surga, maka ziarahlah ke Gunung Uhud. Nabi Muhammad SAW bersabda, ‘Gunung Uhud ialah salah satu dari bukit-bukit yang terdapat di surga”.

 

Lokasi

 

Berdasarkan geografis, gunung ini memiliki ketinggian sekira 1.050 meter. Dengan berlokasikan 4,5 kilometer di sebelah utara Kota Madinah, Arab Saudi. Panjang pegunungan ini adalah 7 Km yang terdiri dari batu-batuan granit, marmer merah dan batu-batu mulia. Gunung ini memang tampak seperti gunung yang menyendiri, tidak tersambung dengan gunung lainnya. Karena itu beberapa ahli sejarah juga menyebutnya dengan nama Jabal Uhud yang berarti gunung yang menyendiri.

 

Batuan Jabal Uhud Madinah, Alman Mulyana //www.youtube.com//

 

Sejarah

 

Di lokasi ini terdapat Makam Syuhada Uhud yaitu mereka para laskar islam yang saat itu bertempur bersama Nabi Muhammad SAW melawan grombolan musyrikin yang berjumlah hingga 3.000 orang.

 

Pada area gunung tersebut terpampang sebuah pada sebuah dinding yang menceritakan alur pergerakan perang Uhud. Perang ini terjadi pada 15 Syawal 3 Hijrah atau Maret 625 Masehi dan dikenal dengan nama Perang Uhud. Dalam lembah yang berada di kaki Gunung Uhud, pernah terjadi sebuah perang dahsyat antara kaum muslimin yang berasal dari Madinah yang dipimpin Nabi Muhammad SAW dengan kaum musyrikin Quraisy dari Mekkah.

 

 

Jumlah pasukan kaum muslimin yang ikut berperang sangat timpang. Awalnya ada 1.000 orang, tetapi ada sejumlah orang-orang munafik yang ikut perang tersebut mengundurkan diri dan kembali ke Madinah. Alhasil, total pasukan yang dipimpin sendiri oleh Rasulullah shalallahu alaihi wassalam berjumlah 700 orang.

 

Sementara musuh yang tengah menunggu, terdiri dari 3.000 orang musyrikin Quraisy dan terjadilah pertempuran hebat. Dalam peperangan tersebut, kaum muslimin sebenarnya telah mendapatkan kemenangan dan kaum musyrikin pontang panting. Namun, para pemanah yang berada di atas Gunung Arrimah tergoda melihat barang-barang berharga yang ditinggalkan oleh kaum musyrikin tersebut. Dan akhirnya, para pemanah ini meninggalkan posnya. Mereka turun dari bukit hingga melupakan pesan Rasulullah SAW agar mereka tidak meninggalkan bukit tersebut. Semuanya turun kecuali komandannya Abdullah bin Jabir dan 6 pemanah lainnya.

 

Karena kelalaian tersebut, Khalid bin Walid yang saat itu menjadi komandan Quaraisy memanfaatkan keadaan dan menyerang kaum muslimin dari arah belakang sehingga strategi pasukan muslimin porak poranda dan mengalami kekalahan yang tidak sedikit.

 

Korban dari peperangan ini adalah 70 sahabat Nabi termasuk 7 pahlawan Uhud. Dan yang paling membuat Nabi Muhammad SAW terpukul adalah gugurnya Hamzah bin Abdul Muthalib yang tidak lain tidak bukan adalah paman sang Nabi.

 

Keistimewaan Jabal Uhud

 

Selain menjadi gunung yang ada di surga, gunung ini diriwayatkan merupakan gunung yang mencintai Nabi Muhammad SAW, dan Nabi pun juga begitu mencintainya. Dalam kisah dibenarkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah berjalan di atas gunung tersebut, sedang saat itu kondisi gunung adalah bergetar. Lantas Nabi pun mengentakkan kakinya dan berkata "Diamlah engkau Uhud, di atasmu sekarang ada Rasulullah SAW dan orang yang selalu membenarkannya, serta dua orang yang akan mati syahid.

 

Dari riwayat tersebut, Jabal Uhud dijelaskan langsung berhenti bergetar. Beberapa cerita menjelaskan bahwa penyebab gunung itu bergetar adalah karena merasa girang saat Rasulullah SAW menapakinya.

 

Umumnya pihak penyelenggara umroh akan mengagendakan kepada para jamaah untuk berziarah ke gunung tersebut dan melihat makam para syuhada di jabal uhud.

 

Sekian informasi seputar haji bagi kalian yang ingin mendapatkan informasi seputar haji dan umrah terupdate, kunjungi kami di website https://www.batemuritour.com/

 



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp