9 Tips Menjadi Traveller yang Bijak Agar Tidak Cemari Lingkungan

By. Dewi Savitri - 10 Aug 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Melangkahkan kaki ke dunia baru sebagai seorang traveller adalah pengalaman yang mengagumkan, tetapi juga datang dengan tanggung jawab. Menjadi traveller yang bijak dan bertanggung jawab tidak hanya memberikanmu pengalaman yang lebih berarti, tetapi juga membantu melindungi destinasi yang kamu kunjungi. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu kamu menjadi traveller yang bijak:

 

Baca Juga:5 Gunung yang Aman untuk Pendaki Pemula di Jawa Tengah

 

1. Lakukan Riset Sebelumnya

 

Sebelum berangkat, luangkan waktu untuk melakukan riset tentang destinasi yang akan kamu kunjungi. Ketahui budaya, kebiasaan lokal, dan adat istiadat agar kamu dapat menghormati dan menghormati masyarakat setempat.

 

2. Hormati Budaya Lokal

 

Ketika kamu berada di negara baru, selalu ingatlah untuk menghormati budaya dan adat istiadat setempat. Kenakan pakaian yang sopan, hindari perilaku yang mengganggu, dan ikuti tata tertib yang berlaku di tempat tersebut.

 

3. Reduksi Sampah dan Plastik

 

Bawa botol minum sendiri dan tas belanjaan kain yang dapat digunakan ulang. Hindari penggunaan plastik sekali pakai sebisa mungkin. Mengurangi sampah dan plastik adalah cara penting untuk menjaga lingkungan dan keindahan destinasi wisata.

 

4. Dukung Ekonomi Lokal

 

Beli produk lokal dan dukung pengusaha kecil di destinasimu. Ini membantu menghidupkan ekonomi lokal dan memberdayakan masyarakat setempat.

 

5. Kurangi Jejak Karbon

 

Pilih transportasi umum atau berbagi perjalanan dengan sesama traveller jika memungkinkan. Ini membantu mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak lingkungan perjalananmu.

 

Baca Juga: Place To Go: Hidden Gem Indonesia, Sudah Pernah Kesini?

 

6. Jaga Kebersihan

 

Selalu jaga kebersihan di mana pun kamu berada. Jangan merusak lingkungan atau bangunan bersejarah. Biarkan tempat yang kamu kunjungi tetap indah untuk dinikmati oleh generasi mendatang.

 

7. Saling Menghormati

 

Jika kamu mengunjungi tempat-tempat beribadah atau situs-situs suci, berbicaralah dengan suara pelan dan hormati tata cara yang berlaku. Jika ada peraturan atau batasan, ikuti dengan penuh kesadaran.

 

8. Jadi Wisatawan Bertanggung Jawab

 

Berbicaralah dengan lokal untuk mendapatkan tips dan panduan dari mereka. Dengan berinteraksi dengan masyarakat setempat, kamu dapat memahami lebih dalam tentang kehidupan sehari-hari dan budaya mereka.

 

9. Abaikan Wisata Gelap

 

Hindari mendukung kegiatan wisata yang merusak lingkungan atau melibatkan eksploitasi hewan. Wisata yang bertanggung jawab adalah cara terbaik untuk memberikan dampak positif pada destinasi.

 

Baca Juga: 10 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Saat Musim Panas

 

Menjadi traveller yang bijak adalah komitmen untuk menjaga destinasi dan meninggalkan jejak positif. Dengan menghormati budaya, lingkungan, dan masyarakat lokal, kamu dapat membuat perbedaan yang nyata dalam dunia perjalanan. Jadilah teladan bagi petualang lainnya dengan menjadi traveller yang bertanggung jawab dan penuh penghargaan.



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp