5 Rekomendasi Pantai Gunungkidul, Destinasi Khas Yogyakarta

By. Darma Taujiharrahman - 28 Feb 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) atau biasa kita kenal dengan sebutan Jogja adalah salah satu wilayah tingkat provinsi memiliki berbagai aneka ragam destinasi wisata yang sangat luar biasa memukau.

 

Tidak hanya dalam hal situs-situs sejarah ataupun kuliner, DIY juga memiliki sederetan pantai menawan di daerah Kabupaten Gunungkidul yang berada di pesisir laut bagian selatan pulau jawa atau pantai selatan.

 

Berikut ini beberapa rekomendasi pantai beserta beberapa informasi yang dapat sobat BeHappy kunjungi saat berwisata di wilayah Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

 

Baca juga:

Candi Borobudur Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM

Candi Prambanan Terbaru 2023, Jam Buka dan HTM

 

Pantai Gunungkidul yang paling terkenal

 

1. Pantai Indrayanti

 

Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai Gunungkidul yang cukup banyak di kenal masyarakat khususnya bagi mereka yang berada di pulau Jawa. 

 

Sebagaimana dikutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai ini tersohor dengan keindahan pasir putih yang membentang sepanjang garis pantai. Selain itu terdapat beberapa spot wilayah perbukitan karang yang mengelilingi pantai ini, sehingga menambah kesan mewah dalam berwisata.

 

Untuk menikmati indahnya pemandangan pantai ini, pengunjung hanya cukup membayarkan biaya retribusi tiket masuk Rp. 10.000,-/ orang dan beberapa biaya tambahan seperti parkir kendaraan yaitu Rp. 2.000,- untuk sepeda motor dan Rp 5.000,- untuk mobil.

 

Beberapa biaya lain diantaranya seperti jajanan, toilet dan sewa payung pantai ataupun amben  ataupun gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat.

 

2. Pantai Drini

 

Pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang terletak di wilayah Gunungkidul, dengan suatu keunikan. Salah satu hal yang paling unik adalah pulau kecil di tengah laut yang dikenal dengan sebutan Pulau Drini.

 

Secara geografis, pulau Drini membagi pesisir pantai menjadi dua bagian, yaitu sisi barat sebagai tempat sandar perahu-perahu nelayan serta beberapa tempat untuk pelelangan ikan. Sedangkan pada sisi timur merupakan lokasi wisata yang dapat dikunjungi oleh para wisatawan dari se-antero nusantara.

 

Untuk menikmati wisata di daerah ini, pengujung dapat membayar retribusi sebesar Rp 10.000,-/orang, sedangakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,-/motor dan Rp 5.000,-/mobil. 

 

3. Pantai Krakal

 

Pantai Krakal mempunyai barisan karang yang indah. Mengutip dari situs Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Krakal dikayiki tercipta melalui proses alam yang panjang.

 

Berdasarkan keterangan masyarakat setempat, wilayah ini merupakan bagian dari dasar laut. Namun akibat terjadinya pengangkatan kerak bumi, dasar laut itu semakin naik ke permukaan dan akhrinya menjadi daratan.

 

Untuk memasuki wilayah wisata pantai Krakal, setiap pengunjung akan dikenai retribusi sebesar Rp 10.000,-/orang, juga dengan beberapa biaya lain seperti parkir yaitu Rp 3.000 unturk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

 

4. Pantai Nglambor

 

Pantai ini menjadi destinasi terfavorir untuk melakukan snorkeling di kawasan Gunungkidul. Mengutip dari situs resmi Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Pantai Nglambor memiliki ciri khas yakni dua batu karang besar yang berbentuk kura-kura raksasa di bagian depan. 

 

Batu kura-kura tersebut biasa disebut dengan istilah Watu Kalong dan Watu Kuntul yang memiliki fungsi yaitu untuk memecah ombak, sehingga air laut di Pantai Nglambor tergolong cukup tenang.

 

Untuk itu para pengunjung tidak perlu takut untuk melakukan snorkeling di pantai ini. Selain itu pemandangan ragam biota laut, ikan hias dan temburu karang dapat memanjakan mata para pengunjung.

 

Pantai Ngalmbor dibuka setiap hari secara operasional mulai dari pukul 07.30 hingga 17.00. Jarak akses ke destinasi pantai Nglambor adalah cukup sulit, sehingga bagi wisatawan yang ingin berkunjung agar dapat memarkirkan kendaraanya di tempat parkir, dan berjalan sekitar 15-20 menit atau memanfaatkan jasa ojek dengan biaya sekitar Rp 10.000.

 

Untuk memasuki wilayah pantai ini, pengunjung cukup membayar Rp 5.000,-/orang dan biaya parkir Rp 5.000 untuk mobil, Rp 2.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk bus. Sedangkan biaya tambahwan untuk snorkeling adalah berkisar Rp 50.000,-/orang dalam waktu durasi 1 jam.

 

5. Pantai Baron

 

Pantai di Jogja wilayah Gunungkidul yang juga tidak kalah terkenal selanjutnya adalah Pantai Baron. Pantai ini berlokasikan sekitar 13 kilometer arah timur dari Pantai Ngobaran.

 

Keunikan pantai ini adalah menjadi wilayah pertemuan antara air laut dan air sungai yang bermuara di Pantai Baron.

 

Selain itu, pantai ini juga cukup dengan dengan kompleks marcusuar Tanjung Baron yang letaknya di atas puncak bukit karang, sehingga memberikan pemandangan yang lebih menarik dan memperindah pantai ini sebagai destinasi untuk berfoto ria. Fasilitas di Pantai Baron ini juga cukup memadai diantarnya untuk wisata kuliner, toko cinderamata, area parkir, tempat bermain anak dan lain sebagainya.

 

Tiket masuk untuk destinasi wisata pantai Baron adalah Rp 10.000,-/orang, biaya retribusi untuk menikmati wilayah perbukitan adalah seikhlasnya dan untuk memasuki wilayah mercusuar adalah Rp 5.000,-/orang.

 

Sekian informasi dari BeHappy tour by batemuri tours & travel, yuk simak informasi seputar dunia pariwisata lainnya di www.batemuritour.com

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Wisata Malioboro, Pecinta Kopi Jangan Kelewatan



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp