Intip Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

By. Dewi Savitri - 04 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com- Hai sobat batemuri!! Masjid Agung Jawa Tengah, yang berdiri megah di kota Semarang, menjadi salah satu ikon kebanggaan masyarakat Jawa Tengah dan pusat wisata religi yang menarik. Dengan perpaduan cemerlang antara arsitektur Jawa, Roma, dan Arab, masjid ini memancarkan pesona yang tak tertandingi.

 

Baca Juga: Liburan ke Candi Borobudur, Ini Dia Akses dan Panduannya

 

Masjid Agung Jawa Tengah menggabungkan elemen-elemen arsitektur yang beragam, menciptakan suatu keindahan yang luar biasa. Kamu akan melihat motif batik yang merupakan seni tradisional masyarakat Jawa mempercantik dasar tiang masjid. Selain itu, seni ukir kaligrafi yang kental dengan budaya arsitektur Timur Tengah menghiasi dinding-dinding masjid ini.

 

Pada serambi depan masjid, Kamu akan menemukan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis. Desain ini terinspirasi dari arsitektur Masjid Nabawi di Kota Madinah. Interior Masjid Agung juga mencerminkan gaya arsitektur Roma dengan lapisan warna yang indah.

 

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah menjadikannya sebagai simbol wisata religi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah. Masjid ini mampu menampung sekitar 15.000 jemaah, belum termasuk halaman utama masjid yang mampu menampung sekitar 10.000 jemaah.

 

Masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah umat Islam. Lebih dari itu, masjid ini juga berperan sebagai pusat pendidikan, pusat syiar Islam, dan destinasi wisata religi yang menarik bagi para pelancong yang ingin mengagumi kemegahan arsitektur masjid.

 

Baca Juga: 6 Wisata Religi di Kota Semarang Pancarkan Kebhinekaan

 

Masjid Agung Jawa Tengah merupakan bukti dari upaya kolaborasi masyarakat dalam membangun tempat ibadah yang luar biasa. Al-Quran raksasa karya tangan H. Hayatuddin dari Universitas Sains dan Ilmu Al-Quran di Wonosobo menjadi salah satu daya tarik utama. Beduk raksasa, sebagai persembahan dari para santri pesantren Al Falah Banyumas, juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari masjid ini.

 

Masjid Agung Jawa Tengah juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Ada perpustakaan untuk pengembangan ilmu dan pengetahuan, auditorium untuk berbagai acara dan kegiatan, penginapan bagi para jamaah yang ingin tinggal sementara, ruang akad nikah untuk pernikahan yang sakral, museum perkembangan Islam untuk pengetahuan sejarah, serta kafe yang terletak di Menara Asmaul Husna.

 

Di sebelah masjid, terdapat Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) yang menjulang setinggi 99 meter. Dari puncak menara yang memiliki 19 lantai ini, Kamu dapat menikmati panorama indah Kota Semarang. Teropong pandang yang disediakan oleh pengelola masjid akan membantumu melihat keindahan Kota Semarang dengan lebih jelas. Setelah menikmati panorama, Kamu dapat bersantai di kafe yang terletak di lantai 18. Kafe ini dapat berputar 360 derajat, sehingga Kamu bisa merasakan sensasi yang unik sambil menikmati makanan khas Semarang.

 

Baca Juga: Eksplor Gunung Tangkuban Perahu, Ini Dia Tipsnya!!

 

Kunjungan ke Masjid Agung Jawa Tengah bukan hanya perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual yang memungkinkan Kamu mengeksplorasi keindahan arsitektur dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sebuah pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjungi keajaiban ini di Jawa Tengah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp