7 Hal Yang Perlu Disiapkan Ketika Perjalanan Ke Luar Negri

By. Ibnu Fikri Ghozali - 10 Oct 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com-Perjalanan ke luar negri adalah suatu yang diimpikan kebanyakan orang. Terlebih saat ini banyak negara yang membuka akses kepada turis untuk mengunjungi ke negaranya. Masalahnya, banyak yang bisa  didapatkan semasa berkunjung ke negara lain, misalnya saja tentang budaya negara setempat, ataupun tempat-tempat ikonik yang terdapat di negara tersebut.

Baca juga: 7 Rekomendasi Merk Koper yang Bagus dan Awet untuk Traveling

Namun sebelum bepergian ke luar negri, para treveler wajib mengetahui dokumen apa saja yang perlu di bawa oleh traveller semasa perjalanan. Maka dari itu, mari kita Simak apa saja yang perlu dipersiapkan semasa meninggalkan tanah air untuk berkunjung ke negara lain. Mari kita Simak, yuk check it out …….

  1. PERSIAPKAN DOKUMEN PENTING

Sebelum kita memesan tiket pesawat untuk berkunjung ke luar negri, pastikan kita menyiapkan dokumen-dokumen seperti KTP, Paspor, Visa, dan SIM jikalau memang diperlukan. Namun cari tahu terlebih dahulu, negara mana saja yang membolehkan para turis dari Indonesia tanpa harus apply Visa terlebih dahulu. Seperti Malaysia, Thailand, Singapore hingga Maldives.

Bagi kalian yang belum mempunyai Paspor. Maka sobat perlu membuatnya terlebih dahulu ke kantor Imigrasi terdekat dengan membawa persyaratan yang ada. Biasanya sih sob, untuk paspor sendiri bisa memakan waktu hingga tiga hari hingga seminggu, maka untuk ini, para sobat bisa menyiapkan jauh-jauh hari ya…..

       2. PEMESANAN TIKET PESAWAT

Setelah sobat semua sudah mempunyai dokumen di atas, para sobat trevelers juga harus menyiapkan uang untuk pemesanan tiket. Harga tiket dari tiap maskapai cukup variative, maka cukup pilih maskapai yang sekiranya pas di kantong para sobat. Untuk pemesanan tiket, para sobat tidak perlu datang langsung ke bandara untuk memesannya. Semuanya bisa mengguunakan aplikasi online seperti melalui Traveloke, tiket.com atau aplikasi lainnya. Ataupun para sobat bisa datang ke jasa-jasa travel terdekat di sekitaran rumah sobat semua ya….

      3. MEMESAN TEMPAT TINGGAL ATAU HOTEL

Seperti yang mimin rasakan nih, biasanya tempat tinggal bakal ditanyakan semasa para sobat di kantor Imigrasi bandara. Karena ini yang biasanya dilalaikan oleh sobat traveler. Maka penting juga untuk para sobat buat membooking atau memesan hotel sebelum keberangkatan.

       4. MENYIAPKAN UANG YANG CUKUP

Na ini juga penting sob. Pastikan uang yang dibawa bisa digunakan di negara yang sobat kunjungi. Ataupun para sobat bisa membawa uang dan tukarkan uang ke bank-bank ataupun jasa penukaran uang asing. Di situ para sobat bisa menukarkaan uangnya sesuai kurs yang ada. Biasanya sih mimin menggunakan xe.com untuk mengecek mata uang ….

Baca juga: Ada Pantai di Arab? Ini Dia 5 Pantai Terindah di Arab Saudi

Biasanya mimin juga menyiapkan uang di kartu ATM. Biasanya mimin mencari ATM  yang ada logo sama sesuai di kartu ATM mimin, seperti logo Visa atau Mastercard. Nah, di situ kalian bisa menarik uang secara cash ya sobat …..

     5. PELAJARI BAHASA ASING

Ini juga tidak kalah pentingnya. Mempelajari bahasa asing membantu para pengunjung dalam komunikasi harian ketika para sobat sampai di negara tujuan. Setidaknya sobat mempelajari bahasa dasar percakapan untuk memudahkan komunikasi sobat yaaa…..

Ini sih tergantung ke mana sobat tuju. Apabila negara yang dituju menggunakan bahasa Inggris, maka sobat cukup mempelajarinya saja. Oh ya, sekarang banyak lho tempat-tempat yang menawarkan les pembelejaran bahasa asing. Ataupun para sobat bisa membawa kamus atau bisa membuka Translate di layanan google handphone kalian ….

         6. MEMBAWA BARANG-BARANG PENTING

Biasanya sih, setiap maskapai menyediakan bagasi ataupun kabin. Nah di situ para sobat bisa memasukkan barang-barang penting ya seperti pakaian, obat-obatan ringan, bumbu-bumbu makanan instan, ataupun barang-barang lainnya. Oh ya, sobat dilarang membawa barang-barang tajam ya ketika memasukkan barang ke dalam bagasi ataupun kabin.

Nah biasanya mimin menaruh hanphone , laptop ataupun barang bawaan elektronik lainnya di kabin. Karena untuk menghindari kerusakan. Oh ya, jangan lupa dokumen pentingh seperti paspor untuk selalu dibawa yaa. Kalua bisa untuk menyiapkan tas kecil untuk menaruh Paspor, Visa ataupun dompet kalian.

       7. DAFTAR TEMPAT YANG DIKUNJUNGI

Jangan sampai setibanya sobat di negara tujuan malah bingung harus ke mana. Maka dari itu, dibutuhkan list tempat mana saja yang akan dikunjungi. Biasanya mimin melakukan riset tipis-tipis melalui internet tempat yang akan dituju di  negara tersebut. Supaya setelah sampai di negara itu, sobat tidak kebingungan harus ke mana.

Nah ini tergantung kalian lebih memilih tempat yang seperti apa ? Ingin wisata kuliner, bersantai di pantai, atau mendaki? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan sangat membantu sekali untuk menentukan tujuan destinasi dan minat traveling kamu!

Demikian adalah daftar yang harus kalian persiapkan apabila kalian ingin bepergian ke luar negri. Maka para sobat bisa menyiapkan perjalanan dari jauh-jauh hari yaaa.

Baca juga: Wisata Religi di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon, Ini Dia Sejarahnya!!



    Tags :






Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp