Mengenal Masjid Badsahi, Peninggalan Kerajaan Mughal

By. Ibnu Fikri Ghozali - 16 Oct 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com-Masjid Badsahi adalah masjid yang terletak di negara Pakistan. Tepatnya di tengah-tengah kota Lahore. Masjid ini dibangun oleh raja Aungrazeb pada tahun 1671-1673 dan termasuk masjid terbesar di era dinasti Mughal.   

Baca juga: Ini Dia Rute dan Transportasi yang Tersedia di Sirkuit Mandalika

Bangunan tersebut dibangun dengan menggunakan dengan eksterior yang dihiasi ukiran batu pasir merah bertahtakan marmer. Ditambah dengan sedikit sentuhan indo-greek, Asia Tengah dan pengaruh dari arsitektur India dalam teknik maupun motif motifnya.

Di sebelahnya, terdapat pula museum berupa rambut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dan beberapa peninggalan berupa peralatan perang Kerajaan Mughal. Di antara keduanya hanya terpisah oleh tempat wudhu.

Baca juga: Butuh Fisik Prima 3 Wisata di Banyuwangi Ini Sangat Menakjubkan


Keindahannya terlihat dari tiga kubah besar berwarna putih didampingi delapan menara setinggi 60 meter di berbagai sudut. Sedangkan ruang salatnya terbagi menjadi tujuh bagian dengan menggunakan lengkungan multifoil yang didukung oleh pilar-pilar berat.
 

apabila di malam hari, keindahan bangunan tersebut terpancar denga sangat indah. terlebih masjid Badsahi menjadi landmark dari kota Lahore itu sendiri. Masjid tersebut juga sanggup menampung ribuan jamaah yang datang untuk beribadah. Masjid ini pernah menjadi masjid terbesar di Pakistan, sebelum masjid Faisal dibangun di kota Islamabad.  


Di halaman masjid terdapat makam yang sering dikunjungi penduduk lokal maupun para turis yang datang untuk melihat Badsahi masjid, yaitu makam pendiri bangsa sir Muhammad Iqbal. Tokoh sekaligus filsuf Pakistan tersebut sering diziarahi oleh para pendatang, sehingga selalu ramai di waktu pagi, siang hingga petang.

Baca juga: Termegah Se-Asia, Ini Dia Akses Masuk Masjid Kubah Emas dan Sejarahnya









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp