Resep Mudah Martabak Sagu Khas Papua yang Lezat

By. Dewi Savitri - 03 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com- Martabak yang biasanya terbuat dari tepung terigu, kini hadir dengan sentuhan spesial dari Papua dalam bentuk Martabak Sagu. Camilan khas ini, dibuat dari tepung sagu, menyajikan cita rasa sederhana namun istimewa dari Papua. Berbeda dari martabak pada umumnya, martabak sagu ini menawarkan kemudahan pembuatan dan rasa yang memikat, siap dinikmati kapan saja.

 

Baca Juga: Resep Sie Itek, Makanan Khas Aceh yang Kaya Rempah

 

Keistimewaan Martabak Sagu dari Papua

 

Martabak Sagu merupakan salah satu camilan khas Papua yang menyuguhkan kesederhanaan dalam pembuatannya namun menghadirkan cita rasa yang istimewa. Penggunaan tepung sagu sebagai bahan utamanya memberikan sentuhan unik pada martabak ini, membuatnya cocok dinikmati sebagai teman minum kopi atau teh di berbagai kesempatan.

 

Bahan-bahan yang Diperlukan

 

Untuk membuat Martabak Sagu yang lezat, kamu membutuhkan:

 

Bahan Utama:

 

• 200 gram tepung sagu

 

• 100 ml santan

 

• 1/4 sendok teh garam

 

• 2 sendok makan gula pasir

 

• Margarin secukupnya

 

• Air secukupnya

 

Baca Juga: Ini Dia Resep Mudah Es Pala Bogor yang Segar dan Menggugah Selera

 

Topping:

 

• Selai coklat, meses, keju, pisang secukupnya

 

Langkah-langkah Membuat Martabak Sagu

 

1. Persiapan Adonan Martabak Sagu

 

Campurkan tepung sagu, gula pasir, dan garam. Aduk hingga merata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi bergerindil. Tambahkan air jika adonan terlalu kering.

 

2. Persiapan Panggangan atau Teflon

 

Siapkan cetakan martabak atau teflon, oles tipis dengan margarin. Beri adonan tepung sagu ke dalam cetakan sambil diratakan. Masak hingga matang dan padat, lalu angkat dan balik.

 

3. Penyajian dan Penambahan Topping

 

Selagi masih panas, oles tipis dengan margarin dan tambahkan topping sesuai selera seperti selai coklat, meses, keju, atau pisang. Angkat dan lipat menjadi dua.

 

Baca Juga: Ini Dia Resep dan Cara Membuat Lapa-Lapa yang Lezat

 

Martabak Sagu siap dinikmati saat masih hangat, menjadi pendamping yang cocok untuk menemani waktu ngopi atau ngetehmu. Kelezatan sederhana dari Papua ini menghadirkan cita rasa yang tak terlupakan, memberikan sensasi baru dalam menikmati martabak yang biasa. Cobalah resep praktis ini untuk pengalaman kuliner yang berbeda dan memikat!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp