Jejak Umroh, Ziarah ke Masjid Quba

By. Abid Rauf - 04 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Rasulullah SAW mendirikan masjid pertama saat hijrah ke Madinah dan diberi nama masjid Quba. Kami  belajar menapak jejak hijrah Nabi Muhammad SAW.  Sebagaimana hadits 'orang yang bersuci di rumahnya, lalu pergi ke masjid Quba dan melaksanakan suatu shalat (sunnah), baginya pahala umroh'.  

 

Baca juga : Miqat dalam Ibadah Haji: Batasan Waktu dan Tempat

 

Hijrah adalah momentum besar bagi umat Islam ... Selama 13 tahun berdakwah di Makkah penuh aral melintang hingga Allah Yang Maha Adil lagi Maha Bijaksana memerintahkan Rasulullah SAW dan kaum muslimin untuk hijrah ke Madinah. 

Masyaallah ... Baru terasa betapa perjalanan hijrah tiada mudah. Tampak gugusan gunung batu hitam tajam tanpa pepohonan sejauh mata memandang. Hamparan padang pasir yang panas terik di siang hari dan dingin menggigit di malam hari. Kami  terpesona melihat bentang alam yang ekstrim di negara Saudi Arabia. Jauh sekali perbedaannya dibandingkan Indonesia yang hijau royo-royo.

Rombongan kami mengendarai bis nyaman ber-ac selama 5-6 jam untuk jarak 500 km. Sedangkan Rasulullah SAW yang kala itu  bersama Abu Bakar Ash Shidiq RA harus berjalan kaki.  Sesekali mereka menaiki unta. Perjalanan itu berhari-hari dalam suasana mencekam karena dikejar oleh kaum kafir Quraisy. Begitu juga perjuangan para muhajirin menempuh perjalanan hijrah dengan susah payah. Mereka rela meninggalkan harta benda di kampung halaman untuk mengikuti perintah Allah Yang Maha Agung lagi Maha Mulia.

 

Baca juga : Jabal Tsur: Bukit Penaklukan dalam Sejarah Islam

 

Tak terasa airmata menetes mengenang perih letih para pendahulu kaum muslimin memenuhi perintah Allah Yang Maha Benar lagi Maha Membimbing.  Masjid kian spesial karena disinilah Rrasullah SAW bersama para sahabat shalat berjamaah untuk pertama kalinya. Pembangunan masjid ini terekam dalam Al Quran. Allah berfirman dalam surah At Taubah ayat 108. Masjid quba disebut sebagai masjid yang dibangun atas dasar takwa.  'Sesungguhnya, masjid yang didirikan atas dasar takwa (masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut kamu shalat di dalamnya.  Di dalam mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih.' 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp