Ini Dia 5 Tips Tetap Sehat saat Liburan yang Mudah Untuk Dilakukan

By. Dewi Savitri - 12 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com- Liburan akhir tahun adalah momen yang dinanti-nantikan untuk melepaskan penat setelah berbulan-bulan menjalani rutinitas kerja. Namun, seringkali liburan dapat membawa tantangan untuk tetap menjalankan gaya hidup sehat. Dengan beberapa tips sederhana, kamu dapat menikmati liburan dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

 

Baca Juga: 4 Tips Frugal Travel Agar Liburan Tetap Hemat

 

1. Mengonsumsi Air Putih

 

Saat berlibur, keasyikan beraktivitas seringkali membuat orang lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Penting untuk tetap mengonsumsi air putih yang cukup, terutama saat beraktivitas padat dan menjelajahi destinasi wisata. Hal ini akan membantu menjaga hidrasi tubuh dan meningkatkan energi.

 

2. Memperhatikan Pola Makan Sehat

 

Pilihlah makanan yang sehat selama liburan. Hindari konsumsi berlebihan daging olahan dan coba untuk beralih ke jenis makanan yang mengandung ikan. Ikan memiliki manfaat kesehatan yang tinggi dan dapat menjadi alternatif yang baik. Perhatikan juga porsi makan dan usahakan untuk menghindari makanan yang berisiko meningkatkan risiko penyakit.

 

3. Tetap Berolahraga

 

Meskipun liburan penuh dengan aktivitas, jangan lupakan olahraga. Luangkan waktu sebentar setiap hari untuk berolahraga, baik itu berjalan-jalan santai, bersepeda, atau melakukan latihan sederhana di tempat. Berolahraga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

 

Baca Juga: 5 Wisata Anak di Bogor yang Cocok Dikunjungi saat Libur Sekolah

 

4. Cukup Tidur

 

Meski godaan untuk menikmati waktu malam selama liburan besar, tetapkan kebutuhan tidur sebagai prioritas. Tidur cukup setidaknya 6 jam per hari membantu memperbaharui energi, memulihkan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan biarkan liburan mengorbankan kualitas tidurmu.

 

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

 

Manfaatkan momen liburan untuk berjemur di bawah sinar matahari. Vitamin D dari sinar matahari memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Pastikan untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, tetapi hindari berjemur terlalu lama pada pukul terik.

 

Baca Juga: Tak Hanya Pengalaman,Ini Dia 3 Manfaat Traveling Bagi Balita

 

Dengan menerapkan tips-tips sederhana ini, kamu dapat menikmati liburan akhir tahun tanpa mengorbankan kesehatan tubuh. Liburan yang sehat akan memberikan kamu energi positif dan mempersiapkan tubuh untuk menghadapi tahun baru dengan semangat dan kesehatan yang baik. Tetap sehat dan nikmati momen liburan dengan penuh kebahagiaan!









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp