5 Keutamaan Sholawat Jibril dalam Islam, Ini Dia Bacaannya!!

By. Dewi Savitri - 22 Jan 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com- Sholawat Jibril adalah salah satu amalan ringan namun memiliki pahala besar. Selain membawa keberkahan, sholawat ini diyakini dapat membuka pintu rezeki dari segala arah. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang keutamaan sholawat Jibril dan bagaimana cara mengamalkannya yang benar.

 

Baca Juga: Hilangkan Kesedihan, Ini Dia 8 Manfaat Mendengar Sholawat dalam Islam

 

Sebelum membahas tentang lafadz sholawat Jibril dan manfaatnya, kita perlu memahami perintah untuk berselawat. Sholawat merupakan amalan yang sangat disukai Allah SWT dan dilakukan tidak hanya oleh umat Islam, tetapi juga oleh Allah dan para malaikat-Nya.

 

Bacaan Selawat Jibril

 

Sholawat Jibril memiliki bacaan yang singkat namun penuh makna. Adapun bacaan sholawat Jibril yaitu sebagai berikut:

 

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّدٍ

“Shallallaahu ‘ala Muhammad.”

 

“Semoga Allah memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad.”

 

Keutamaan Sholawat Jibril

 

1. Terbukanya 70 Pintu Rahmat Allah SWT

 

Bagi mereka yang rutin mengamalkan sholawat Jibril, Allah SWT akan membuka 70 pintu rahmat. Imam Syaroni menyampaikan bahwa sholawat ini tidak hanya membawa rahmat, tetapi juga cinta Allah yang akan dititipkan pada hati mereka.

 

Baca Juga: Shalawat Munjiyat; Arab, Latin, Terjemah Lengkap dengan Sejarah dan Keutamaannya

 

2. Dapat Melihat Nabi Muhammad SAW dalam Mimpi

 

Ada riwayat yang mencatat bahwa sholawat Jibril dapat membawa seseorang melihat Nabi Muhammad SAW dalam mimpi. Ini menunjukkan kedahsyatan sholawat ini dalam mendekatkan diri kepada Rasulullah.

 

3. Memperoleh Kebaikan dan Dihapuskan dari Segala Keburukan

 

Sholawat Jibril memiliki kekuatan untuk mengangkat derajat seseorang di hadapan Allah SWT. Sholawat ini dapat menghapus dosa dan kejelekan, sesuai dengan sabda Rasulullah bahwa Allah akan bersalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapus sepuluh kejelekan, dan mengangkat derajatnya.

 

4. Terbukanya Pintu Rezeki dari Segala Arah

 

Sholawat Jibril dapat membuka pintu rezeki dari arah manapun bagi mereka yang mengamalkannya. Dengan cara yang rutin, seperti membacanya 5.000 kali setelah salat Duha, atau minimal 3 kali setelah salat fardhu, seseorang dapat memperoleh rezeki yang tidak terduga.

 

5. Dikabulkan Segala Hajat

 

Berselawat kepada Rasulullah SAW diyakini sebagai cara agar hajat atau keinginan kita dikabulkan oleh Allah SWT. Salat hajat 2 rakaat pada tengah malam, diikuti dengan membaca sholawat Jibril 1.000 kali, dapat membawa hajat kita menjadi kenyataan.

 

Baca Juga: Dapatkan Syafaat dengan Sholawat, Ini Dia 10 Keutamaannya

 

Sholawat Jibril, meskipun singkat, memiliki keutamaan luar biasa. Dengan mengamalkan sholawat ini secara rutin, kita dapat membuka pintu-pintu rahmat Allah, memperoleh kebaikan, menghapus dosa, dan meraih rezeki yang tidak terduga. Selain itu, sholawat Jibril juga merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Nabi Muhammad SAW dan merasakan keberkahan dalam setiap langkah hidup kita. Ayo, jangan lewatkan keutamaan sholawat Jibril dalam menjalani kehidupan sehari-hari.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp