Tempat Ziyarah di Madinah yang Sering Dikunjungi Jama’ah Haji dan Umrah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 30 Jan 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Madinah, selain menjadi tempat kelahiran dan hijrahnya Rasulullah SAW, juga menjadi saksi sejarah perjuangan dan perkembangan Islam. Berikut adalah beberapa tempat ziarah di Kota Madinah yang sarat dengan makna sejarah:

 

Baca juga: Menanamkan Adab Murid terhadap Guru Menurut Imam Ghozali

 

1. Masjid Nabawi

Masjid Nabawi adalah tempat ibadah utama di Kota Madinah. Rasulullah SAW dimakamkan di dalam masjid ini, bersama dengan sahabat-sahabatnya Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab. Masjid Nabawi memiliki keutamaan khusus, dan salat di sini bernilai seribu kali lipat dibandingkan dengan salat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.

 

2. Makam Rasulullah SAW

Makam Rasulullah SAW terletak di dalam Masjid Nabawi. Di tempat ini, terdapat bangunan khusus yang berisikan makam Rasulullah, Abu Bakar Ash-Shiddiq, dan Umar bin Khattab. Tempat ini menjadi tujuan utama ziarah bagi jamaah yang datang ke Madinah.

 

3. Raudlah

Raudlah adalah area di dalam Masjid Nabawi yang memiliki tiang-tiang putih dan terletak di antara makam Rasulullah dan mimbar. Rasulullah SAW menyebutnya sebagai salah satu bagian dari taman surga. Ziarah ke Raudlah dianggap istimewa, dan salat di sini memiliki nilai yang luar biasa.

 

Baca juga: Baiknya Umrah Berapa Hari ? Ini Jawabannya !

 

4. Makam Baqi

Makam Baqi merupakan pemakaman sejak zaman Jahiliyah hingga sekarang. Terletak di sebelah timur Masjid Nabawi, tempat ini menjadi pemakaman bagi beberapa keluarga dan sahabat Rasulullah SAW, seperti Utsman bin Affan, Siti Aisyah, dan banyak lagi.

 

5. Masjid Quba

Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW setelah hijrah dari Makkah ke Madinah. Rasulullah bersabda bahwa salat di Masjid Quba memiliki pahala seperti pahala umrah. Masjid ini menjadi salah satu tempat ziarah yang penting.

 

Setiap tempat ziarah di Madinah menyimpan berbagai kenangan dan makna sejarah Islam. Ziarah ke tempat-tempat ini tidak hanya menjadi sarana ibadah, tetapi juga kesempatan untuk mengenang peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah agama Islam.

 

Baca juga: Do’a Supaya Umrah Kamu Menjadi Umrah yang Mabrur









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp