Doa Peziarah Makam Rasulullah SAW

By. Ibnu Fikri Ghozali - 06 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Peziarah yang tiba di Masjid Nabawi di Kota Madinah dianjurkan untuk membaca doa masuk masjid sebelum memulai ziarah ke makam Rasulullah SAW. Selain itu, setelah membaca doa masuk masjid, peziarah disarankan untuk melaksanakan shalat sunnah Tahiyyatul Masjid sebanyak dua rakaat. Setelah itu, barulah peziarah dapat memulai aktivitas ziarahnya ke makam Rasulullah SAW.

 

Baca juga: Doa Jamaah Haji Sebelum Tiba di Tanah Air

 

Doa Masuk Masjid:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Artinya: "Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu."

Selanjutnya, ketika peziarah berada di depan makam Rasulullah SAW, dianjurkan untuk memberikan salam dengan lafal yang diajarkan oleh Imam An-Nawawi:

 

Doa Salam di Makam Rasulullah SAW:

السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُوْلَ اللهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا خِيْرَةَ اللهِ مِنْ خَلْقِهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا حَبِيْبَ اللهِ، السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا سَيِّدَ المُرْسَلِيْنَ وَخَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ، السَّلَامُ عَلَيْكَ وَعَلَى آلِكَ وَأَصْحَابِكَ وَأَهْلِ بَيْتِكَ وَعَلَى النَّبِيِّيْنَ وَسَائِرِ الصَّالِحِيْنَ: أَشْهَدُ أَنَّكَ بَلَّغْتَ الرِّسَالَةَ، وَأَدَّيْتَ الأَمَانَةَ، وَنَصَحْتَ الأُمَّةَ، فَجَزَاكَ اللهُ عَنَّا أَفْضَلَ مَا جَزَى رَسُوْلًا عَنْ أُمَّتِهِ.

Artinya: "Salam sejahtera bagimu wahai Rasulullah, salam sejahtera bagimu wahai makhluk pilihan Allah, salam sejahtera bagimu wahai kekasih Allah, salam sejahtera bagimu wahai penghulu para rasul dan penutup para nabi, salam sejahtera bagimu, keluargamu, sahabatmu, anggota keluargamu, para nabi, dan semua orang saleh. Aku bersaksi bahwa engkau telah menyampaikan risalah, menunaikan amanah, dan memberikan nasihat kepada umat. Semoga Allah memberikan ganjaran kepadamu melebihi ganjaran-Nya untuk rasul lain atas umatnya."

 

Setelah memberi salam kepada Rasulullah SAW, peziarah disarankan untuk memberi salam pula kepada Sayyidina Abu Bakar RA dan Sayyidina Umar bin Khattab RA. Selanjutnya, peziarah dapat melanjutkan dengan tawasul dan memohon kebaikan untuk dirinya sendiri, kedua orang tua, sahabat, orang yang berbuat baik kepadanya, dan seluruh umat Islam.

 

Baca juga: Tradisi Menyantuni Anak Yatim di Bulan Muharram

 

Semoga ziarah ke makam Rasulullah SAW menjadi momen yang penuh berkah dan mendapatkan syafaat di akhirat. Wallahu a‘lam.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp