Eksplorasi Sejarah dan Kesenangan di Benteng Vastenburg, Solo

By. Ibnu Fikri Ghozali - 13 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritur.com- Benteng Vastenburg, yang terletak di Kedung Lumbu, Pasarkliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, memancarkan pesona bersejarah sejak pembangunannya pada abad ke-18 oleh pemerintah Belanda. Kini, sebagai cagar budaya yang terbuka untuk publik, benteng ini menjadi destinasi wisata yang menarik di Jawa Tengah.

 

Baca juga: Desa Wisata Alahan Panjang: Pesona Danau dan Gunung di Ketinggian

 

Benteng Vastenburg, yang berdiri sejak tahun 1700-an, mencerminkan era kolonial Belanda di Indonesia. Bangunan ini memberikan pengunjung pengalaman menyusuri sejarah dengan menampilkan arsitektur khas Belanda. Permukiman orang Eropa, terutama Belanda, dahulu ada di dalam benteng ini.

 

Benteng Vastenburg bukan hanya tempat bersejarah, tetapi juga menjadi latar belakang festival dan konser. Dengan kapasitas mencapai 20.000 orang, benteng ini menjadi tempat yang ideal untuk acara budaya, menghidupkan suasana dengan sentuhan sejarah.

 

Selain kegunaannya sebagai tempat wisata dan budaya, Benteng Vastenburg juga dimanfaatkan untuk kegiatan politik modern. Sebagai contoh, benteng ini menjadi lokasi kampanye akhir pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tertentu, menunjukkan peran dan keberlanjutan benteng dalam berbagai konteks.

 

Bagi para pengunjung yang ingin mengakses Benteng Vastenburg dari stasiun kereta terdekat, baik itu Stasiun Solo Balapan atau Stasiun Purwosari, tersedia opsi perjalanan yang mudah. Dengan jarak sekitar 2,6 kilometer dari Stasiun Solo Balapan, pengunjung dapat menaiki Batik Solo Trans FD7 dari RS Triharsi menuju Benteng Vastenburg dengan waktu tempuh sekitar 10 menit.

 

Baca juga: Keutamaan Bulan Sya'ban: Persiapan Menuju Ramadan

 

Benteng Vastenburg tidak hanya menyajikan sejarah, tetapi juga menjadi pusat kegiatan budaya dan hiburan. Dengan akses yang mudah dari stasiun kereta terdekat, pengunjung dapat menikmati keindahan dan keberagaman yang ditawarkan oleh benteng ini.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp