5 Tips Naik Pesawat Bersama Bayi dan Balita

By. Ibnu Fikri Ghozali - 13 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Naik pesawat bersama bayi dan balita membutuhkan persiapan ekstra demi menjaga kenyamanan bagi kedua belah pihak. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda saat bepergian bersama si kecil, seperti dilansir dari CN Traveller:

 

Baca juga: Hati-Hati Saat Berkunjung ke Tempat Wisata Ini Selama Musim Hujan

 

1. Sesuaikan Jadwal Terbang dengan Jam Tidur Anak

Pertimbangkan untuk memilih waktu terbang yang sesuai dengan jadwal tidur anak. Bayi dan balita cenderung lebih nyaman dan tenang saat mereka tidur. Bila mungkin, pilih penerbangan yang sesuai dengan jam tidur rutin anak, terutama pada malam hari.

 

2. Pilih Kursi Pesawat Terbaik

Pilih kursi pesawat yang nyaman dan strategis. Kursi dekat jendela atau dekat toilet bisa menjadi pilihan terbaik. Kursi dekat jendela dapat membantu mencegah gangguan kepada penumpang lain, sementara kursi dekat toilet memudahkan orang tua saat si kecil perlu buang air. Pastikan juga untuk mengetahui kursi mobil atau seat car yang disetujui oleh maskapai agar bayi dapat duduk dengan nyaman.

 

3. Tutup Telinga Bayi dan Balita

Perubahan tekanan udara selama penerbangan dapat memengaruhi telinga bayi dan balita. Sebaiknya, sediakan headphone atau penutup telinga yang nyaman bagi mereka. Hal ini dapat membantu melindungi pendengaran dan membuat mereka merasa lebih nyaman selama penerbangan.

 

Baca juga: Kasus Kehilangan Barang di Bus: Antisipasi dan Tips Keamanan

 

4. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pilih pakaian yang nyaman dan mudah diganti untuk si kecil. Hindari pakaian yang ketat atau sulit untuk dilepas karena akan memudahkan Anda saat harus mengganti popok atau memberikan makanan. Selain itu, pastikan bayi dan balita tetap hangat dengan membawa selimut atau pakaian ekstra.

 

5. Bawa Perlengkapan dan Mainan

Persiapkan perlengkapan seperti popok, susu, makanan bayi, dan mainan favorit untuk menghibur si kecil selama penerbangan. Mainan yang dikenal dapat memberikan kenyamanan dan mengalihkan perhatian anak selama perjalanan.

 

Dengan memperhatikan tips di atas, diharapkan perjalanan bersama bayi dan balita menjadi lebih lancar dan menyenangkan. Tetaplah fleksibel dan bersiap untuk mengatasi situasi yang mungkin timbul selama penerbangan.

 

Baca juga: Memilih Antara Ransel dan Koper saat Bepergian









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp