Puasa Nisfu Sya'ban: Meraih Keutamaan dan Pahala yang Besar

By. Ibnu Fikri Ghozali - 22 Feb 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Puasa Nisfu Sya'ban, atau puasa pada pertengahan bulan Syaban, adalah amalan sunah yang memiliki banyak keutamaan dan pahala menurut anjuran Rasulullah SAW. Pada tanggal 25 Februari 2024, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunah ini, sebagaimana disampaikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Majah.

 

Baca juga: Ayyamul Bidh: Kesunnahan Berpuasa di Pertengahan Bulan Sya’ban

 

Hadits tersebut menyatakan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan umat Muslim untuk berpuasa pada Nisfu Syaban. Malam Nisfu Syaban menjadi momen istimewa karena pada saat itu Allah SWT menurunkan rahmat-Nya ke langit dunia sejak terbenam matahari. Allah berfirman, "Adakah orang yang meminta ampun, maka akan Aku ampuni, adakah yang meminta rezeki, maka akan Kuberikan rezeki untuknya, adakah orang yang terkena musibah maka akan Aku lindungi, adakah sedemikian, hingga terbit fajar." (HR Imam Ibn Majah)

 

Keutamaan Puasa Nisfu Syaban:

  1. Mendapatkan Syafaat: Pada malam Nisfu Syaban, Allah SWT memberikan syafaat kepada Nabi Muhammad SAW bagi orang yang banyak membaca sholawat.

  2. Pahala Setara 70 Nabi: Berpuasa pada Nisfu Syaban dapat memberikan pahala setara dengan pahala 70 nabi ditambah dengan pahala ibadah selama 70 tahun.

 

Niat Puasa Nisfu Syaban:

 

نويت صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى

 

Nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala.

 

Artinya:

"Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala."

 

Puasa Nisfu Syaban menjadi momen yang spesial karena bulan Syaban terletak di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan, bulan suci umat Islam. Pada bulan ini, Allah SWT mengangkat semua amal perbuatan manusia. Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Rajab itu adalah bulan Allah, Syaban bulan saya, dan Ramadhan bulan umat saya." (Durratun Nasihin 1: 163)

 

Baca juga: Imam Nawawi: Ulama Tersohor yang Memilih Menjomblo

 

Maka, mari manfaatkan momen Nisfu Syaban dengan berpuasa sunah, berdoa, dan memperbanyak amal ibadah lainnya. Dengan keikhlasan dan keyakinan, semoga puasa ini menjadi amal yang diterima oleh Allah SWT, membawa berkah, dan mendekatkan diri kepada-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp