Mengenal Maqam Ibrahim, Jejak Kaki Nabi Ibrahim

By. Dewi Savitri - 03 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!!! Maqam Ibrahim bukanlah makam tempat dikuburkannya manusia yang telah wafat. Maqam Ibrahim adalah batu tempat Ibrahim berpijak saat membangun Ka'bah.

 

Baca Juga: 7 Keistimewaan Hajar Aswad, Batu dari Surga

 

Awalnya batu tersebut menempel di dinding Ka'bah, tetapi kemudian dijauhkan dari dinding Ka'bah beberapa meter pada masa 'Umar bin Khattab. Pada masa setelahnya, batu tersebut ditutupi perak dan dikurung dalam struktur seperti sangkar.

 

Maqam Ibrahim merupakan salah satu mukjizat Nabi Ibrahim dari Allah SWT. Adapun telapak kaki Nabi Ibrahim di maqam tersebut masing-masing memiliki kedalaman 10 cm dan 9 cm. ukuran panjang kakinya yaitu 22 cm dan lebar 11 cm. Hingga saat ini, maqam Ibrahim masih bertempat di Masjidil Haram, tak jauh dari Ka’bah yang dilindungi oleh rumah kaca berwarna emas.

 

Setelah jamaah haji selesai melakukan thawaf, jamaah akan melaksanakan sholat sunnah dua rakat di belakang maqam Ibrahim. Hal ini sesuai dengan al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 125:

 

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِلنَّاسِ وَأَمْنًا وَاتَّخِذُوا مِنْ مَقَامِ إِبْرَاهِيمَ مُصَلًّى ۖ وَعَهِدْنَا إِلَىٰ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْمَاعِيلَ أَنْ طَهِّرَا بَيْتِيَ لِلطَّائِفِينَ وَالْعَاكِفِينَ وَالرُّكَّعِ السُّجُودِ

 

 

Baca Juga: Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Artinya: Dan (ingatlah), ketika Kami menjadikan rumah itu (Baitullah) tempat berkumpul bagi manusia dan tempat yang aman. Dan jadikanlah sebahagian maqam Ibrahim tempat shalat. Dan telah Kami perintahkan kepada Ibrahim dan Ismail: "Bersihkanlah rumah-Ku untuk orang-orang yang thawaf, yang i'tikaf, yang ruku' dan yang sujud".

 

Hal ini juga dilakukan oleh Rasulullah SAW, pada awalnya Rasulullah SAW tidak melaksanakan sholat di tempat ini, namun setelah turun ayat tersebut, Rasulullah SAW menunaikan sholat bersama dengan sahabatnya, Ummar bin Khattab.

 

Setelah menunaikan shalat sunnah 2 rakaat di belakang maqam Ibrahim, barulah jamaah haji berangkat menuju bukit shafa dan Marwah untuk melaksanakan sa’i. Selain itu, maqam Ibrahim juga memiliki keutamaan sebagai tempat yang mustajab untuk berdoa.

 

Baca Juga: Mengenal 3 Macam Talaq Dalam Islam

 

Demikianlah informasi mengenai maqam Ibrahim, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sobat Batemuri sekalian.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Annabil kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp