Kapankah Batas Waktu Qadha Puasa Ramadhan?

By. Darma Taujiharrahman - 27 Feb 2024

Bagikan:
img

batemuritour.com - Bulan Ramadhan, bulan suci yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia, kini semakin dekat. Dengan hanya sekitar 10 hari lagi menuju awal bulan Ramadhan 2024, persiapan untuk menyambutnya telah menjadi sorotan utama bagi banyak orang.

 

Menurut kalender Hijriah 2024, awal Ramadhan diperkirakan jatuh pada tanggal 10-11 Maret 2024. Namun, penetapan resmi awal Ramadhan oleh pemerintah masih belum diputuskan.

 

Baca juga: Tata Cara Melaksanakan Sholat Qobliyah Subuh

 

Seiring dengan mendekatnya bulan Ramadhan, banyak Muslim mulai mempertanyakan batas waktu terakhir untuk membayar utang puasa dari bulan Ramadhan tahun sebelumnya. Puasa di bulan Ramadhan adalah kewajiban bagi umat Islam, namun dalam beberapa situasi tertentu seperti sakit atau haid bagi wanita, puasa tersebut dapat dibatalkan.

 

Sebaiknya, pembayaran atau penggantian puasa Ramadhan segera dilakukan setelah bulan Ramadhan berakhir, contohnya di bulan Syawal. Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa qadha puasa dapat dilakukan hingga hari terakhir bulan Syaban atau bulan sebelum Ramadhan.

 

Dalam hadist diriwayatkan Imam Muslim:

عَنْ مُعَاذَةَ رضي الله عنه قَالَتْ: سَأَلْتُ عَائِشَةَ رضي الله عنها، فَقُلْتُ: مَا بَالُ الْحَائِضِ تَقْضِي الصَّوْمَ وَلاَ تَقْضِي الصَّلاَةَ؟ فَقالَتْ: أَحَرُورِيَّةٌ أَنْتِ؟ قُلْتُ: لَسْتُ بِحَرْورِيَّةٍ. وَلكِنِّي أَسْأَلُ. قَالَتْ: كَانَ يُصِيبُنَا ذلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ. رواه مسلم

Artinya:

Dari Mu'adzah dia berkata, "Saya bertanya kepada Aisyah kenapa gerangan wanita yang haid qadha puasa dan tidak qadha shalat?". Maka Aisyah menjawab, "Apakah kamu dari golongan Haruriyah?" Aku menjawab, aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya. Dia menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha' puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha shalat". (HR Muslim).

 

Bagi yang masih memiliki utang puasa dari tahun sebelumnya yang belum lunas saat memasuki bulan Ramadhan, masih ada kesempatan untuk membayarnya setelah Ramadan. Namun, perlu diingat bahwa jika puasa tahun lalu masih belum dibayar saat masuknya bulan Ramadhan baru, maka pembayarannya akan berlipat menjadi dua, yaitu qadha dan fidyah.

 

Baca juga: Pentingnya Sholat Malam dalam Keluarga dan Masyarakat

 

Dengan memahami pentingnya persiapan dan kewajiban dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan, umat Islam diharapkan dapat menyambut bulan suci ini dengan penuh kekhusyukan dan penghayatan.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp