Do’a Sambut Bulan Ramadhan

By. Ibnu Fikri Ghozali - 04 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, segera menjelang. Sebagai muslim, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah, berdoa, dan memohon ampunan menjelang bulan yang penuh rahmat ini. Salah satu doa yang dapat dibaca untuk menyambut Ramadhan adalah doa "Allahumma Sallimni Ila Ramadhan."

 

Baca juga: Bahaya Kesombongan dalam Islam

 

Rasulullah SAW bersabda, "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT telah mewajibkan kepada kalian berpuasa di dalamnya, di bulan itu pintu-pintu langit akan dibuka dan pintu-pintu neraka akan ditutup, di bulan itu setan-setan akan diikat, di bulan itu ada malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang mendapatkan kebaikannya maka sungguh ia telah terhalang." (HR An Nasa'i)

 

Do'a Sambut Bulan Ramadhan

 

 أللهمَّ سَلِّمْنِي لِرَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

 

Allahumma sallimnî li ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah aku untuk bulan Ramadhan dan selamatkanlah bulan Ramadhan untukku, serta selamatkanlah Ramadhan dariku demi amal ibadah yang diterima." (HR Thabrani)

 

Doa ini mencerminkan permohonan agar Ramadhan menjadi suci dari perilaku buruk dan sebagai ungkapan kesyukuran atas datangnya bulan suci ini. Selain itu, ada doa lain yang juga dapat dibaca saat menyambut Ramadhan:

 

Baca juga: Doa Masuk dan Keluar Masjid

 

Doa Menyambut Ramadhan

 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلامَةِ وَالإِسْلامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ

 

Allahumma ahillahu 'alaina bil yumni wal imani was salamati wal islam. Rabbi wa rabbukallah.

Artinya: "Ya Allah, mohon hadirkan awal Ramadhan untuk kami dengan penuh ketenangan, iman, keselamatan, dan keislaman, dengan taufik agar kami melakukan yang disukai dan diridhai oleh Rabbku dan Rabbmu, yaitu Allah." (HR Thabrani)

 

Doa Melihat Hilal:

 

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ وَالتَّوْفِيقِ لِمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ

 

Allahu akbar, allahumma ahillahu 'alaina bil amni wal imaani, wassalaamati wal islaami, wattaufiiqi limaa tuhibbu wa tardha, rabbunaa wa rabbukallahu.

Artinya: "Allah Maha Besar, Ya Allah, hilalkanlah bulan ini kepada kami dengan membawa keamanan, iman, keselamatan, Islam, dan taufik agar kami melakukan yang Engkau cintai dan Engkau ridai. Rabb kami dan Rabbmu (wahai bulan), adalah Allah." (HR Ahmad)

 

Doa pada Bulan Rajab dan Syaban:

 

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

 

Allahumma baarik lanaa fii Rajab wa Sya'ban wa ballighnaa Ramadhan.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban, dan sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan." (HR Ahmad)

 

Baca juga: Menghitung Mundur Menuju Bulan Puasa Ramadhan 2024

 

Bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa, penuh berkah, dan penuh ampunan. Dengan merenungkan doa-doa ini, semoga kita dapat menyambut bulan Ramadhan dengan hati yang bersih dan penuh keikhlasan dalam beribadah.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp