Julukan Ash Shiddiq dan Al-’Atiq Sahabat Abu Bakar

By. Abid Rauf - 04 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Ada sebuah kisah yang menceritakan mengenai bagaimana Abu Bakar mendapatkan julukan Ash Shiddiq dan Al-’Atiq. Dalam tradisi bangsa Arab, memang sudah umum bahwa nama orang akan disertai pula dengan laqab alias julukan. Fungsi dari julukan itu adalah sebagai bentuk pujian atas keluhuran tabiatnya. Rasulullah SAW pun juga sering memberikan julukan kepada para sahabatnya, sebagai bentuk sanjungan.

Contohnya pada Umar bin Khattab yang diberi julukan al-Faruq yang berarti pembeda antara kebenaran dan kebatilan, kemudian ada Khalid bin Walid yang dijuluki sebagai Saifullah yang berarti pedang Allah, lalu ada juga Hamzah bin Abdul Muthalib dengan julukan Asadullah yang berarti macan Allah.

 

Baca juga : Begini Kisah, Mengapa Abu Bakar Mendapat Gelar 'Ash-Shidiq'

 

Dapat disebut bahwa semua sahabat Rasulullah SAW mendapatkan julukan masing-masing, tak terkecuali dengan Abu Bakar yang terkenal akan julukannya sebagai ash-Shiddiq dan al-’Atiq.

Ash-Shiddiq

Artinya adalah orang sangat jujur atau banyak membenarkan. Hal tersebutlah yang menjadikan Abu Bakar ditunjuk sebagai sahabat Rasulullah SAW yang paling dipercayai, tak terkecuali akan hal-hal yang tidak masuk akal sekalipun.

Ada sebuah kisah tepatnya setelah Peristiwa Isra Mi’raj, kala itu Rasulullah SAW melakukan perjalanan yang amat kilat dari Makkah ke Baitul Maqdis, kemudian dilanjutkan dengan perjalanan langit yang penuh keajaiban. Pada keesokan harinya, Rasulullah SAW menceritakan pengalamannya tersebut kepada para penduduk Makkah. Namun, bukannya didengarkan dan membuat keimanan semakin bertambah, para penduduk Makkah malah tidak percaya dan bahkan semakin mengolok-olok Rasulullah SAW. Parahnya lagi, beberapa orang yang memiliki iman lemah, justru menjadi murtad dan menganggap Rasulullah SAW sebagai pendusta. Pada saat-saat itulah, Abu Bakar muncul dengan gagah dan percaya dirinya membenarkan apa yang telah Rasulullah SAW sampaikan. Nah, sejak saat itulah, dirinya diberikan julukan sebagai Ash-Shiddiq.

 

Baca juga : Berikut 3 Sahabat Nabi yang Masuk Islam pada Bulan Safar

Al-’Atiq

Abu Bakar tidak hanya memiliki julukan Ash-Shiddiq saja, tetapi juga Al-’Atiq. Menurut beberapa ulama, hal tersebut dikarenakan Abu Bakar memiliki wajah yang tampan. Namun, ada juga beberapa yang mengatakan bahwa julukan tersebut diberikan sebab Abu Bakar selalu menjadi garda terdepan dalam hal kebaikan. Versi lainnya lagi, julukan tersebut diberikan karena Abu Bakar memang terlahir dari nasab yang suci yang mana nenek moyangnya terhindar dari perbuatan zina. Sebagian pendapat lagi mengatakan bahwa Abu Bakar mendapatkan julukan tersebut sebab sudah mendapat jaminan untuk terbebas dari api siksa neraka. Sesuai dengan hadis berikut ini,

“Demi Allah, sesungguhnya aku sedang berada di rumahku pada suatu hari, sementara Rasulullah saw dan beberapa sahabat berada di halaman. Di antara aku dan mereka tertutup oleh pembatas. Tiba-tiba datang Abu Bakar, lalu Nabi bersabda, ‘Siapa yang senang melihat orang yang terbebas (‘atiq) dari api neraka, maka lihatlah Abu Bakar.” (HR Al-Hakim)

Wallahu'alam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp