Daftar 25 Nama Nabi dan Rasul Lengkap Beserta Kisahnya

By. Walid Iqbal Istiardi - 08 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Setiap Muslim perlu mengetahui daftar 25 nama nabi dan rasul Allah SWT. Sebab, iman kepada nabi dan rasul merupakan rukun iman yang keempat, setelah iman kepada Allah, malaikat, dan kitab-kitabnya.
Dalil rukun iman, termasuk iman kepada rasul tertuang di Surah An-Nisa 136 yang berbunyi:



يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ ءَامِنُوا۟ بِٱللَّهِ وَرَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِى نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِۦ وَٱلْكِتَٰبِ ٱلَّذِىٓ أَنزَلَ مِن قَبْلُ ۚ وَمَن يَكْفُرْ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ وَٱلْيَوْمِ ٱلْءَاخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَٰلًۢا بَعِيدًا


Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."

 

Baca Juga : 4 Sifat Wajib bagi Rasul dan Sifat Mustahil Bagi Rasul yang Harus Diketahui

 

Pengertian Nabi dan Rasul


Mengutip Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, nabi dan rasul adalah manusia pilihan yang menjadi utusan Allah SWT. Allah memilih mereka dan menitipkan amanah kepada mereka.

Amanah ini berupa wahyu, baik berita gembira maupun peringatan agar manusia beriman kepada Allah SWT. Wahyu ini ada yang untuk diri mereka masing-masing dan ada yang untuk diteruskan kepada umatnya.



Perbedaan Nabi dan Rasul


Nabi dan rasul sejatinya sama-sama hamba Allah yang diutus dan diberi wahyu. Namun, ada perbedaan antara nabi dan rasul. Secara bahasa, nabi berarti pembawa berita. Sementara rasul berarti utusan.

Melansir Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas I karya Muhammad Nurzakun dan Joko Santoso, perbedaan selanjutnya ada pada tugas nabi dan rasul.

Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri, sedangkan rasul menerima wahyu untuk dirinya dan wajib menyampaikannya kepada umatnya.

Kendati begitu, ada sebagian pihak yang menyatakan nabi dan rasul sejatinya sama-sama perlu dipercaya sesuai dengan rukun iman keempat. Selain itu, keduanya sama-sama mendapat mukjizat dari Allah. Mukjizat adalah perkara yang luar biasa.

Selanjutnya, setiap Muslim perlu meneladani sikap para nabi dan rasul. Hal ini bisa dilakukan dengan mengenal para nabi dan rasul serta kisahnya.



Daftar 25 Nabi dan Rasul



Berdasarkan pertanyaan Abu Dzar Al-Ghifari kepada Nabi Muhammad SAW dikatakan sebenarnya jumlah nabi ada 124 ribu dan rasul 313. Namun tidak semuanya tertulis di Alquran.

Setidaknya ada 25 nama nabi dan rasul yang tertulis di Alquran dan perlu Muslim ketahui. Berikut daftar 25 nama nabi dan rasul yang dirangkum dari Buku Kisah Menakjubkan 25 Nabi dan Rasul karya Nurul Ihsan.

 

Baca Juga : Menembus Pembakaran dan Mukjizat Nabi Ibrahim AS



1. Nabi Adam
Nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dan ditempatkan di Surga. Namun Allah mengeluarkannya dari Surga setelah makan buah khuldi bersama Hawa. Lalu, Allah menempatkan mereka di bumi dan kemudian memiliki keturunan yang banyak.



2. Nabi Idris
Nabi Idris adalah keturunan keenam Nabi Adam yang tekun beribadah kepada Allah SWT. Nabi Idris juga suka membaca dan menjadi manusia pertama yang bisa menulis dengan pena yang terbuat dari batu kerikil. Ia juga rajin berpuasa sepanjang masa dan beribadah sepanjang malam.



3. Nabi Nuh
Nabi Nuh adalah keturunan kesembilan Nabi Adam yang mendapat gelar sebagai salah satu dari lima Rasul Ulul Azmi. Rasul Ulul Azmi adalah rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa.



Bentuk ketabahan Nabi Nuh adalah memiliki pengikut yang hanya berkisar 70-80 orang meski berdakwah selama 500 tahun. Namun, Allah memberi mukjizat kepada Nabi Nuh berupa kapal yang sangat besar dan mampu menyelamatkan Nuh dan umatnya dari terjangan banjir besar.



4. Nabi Hud
Nabi Hud adalah manusia yang Allah selamatkan dari terjangan bencana bertubi-tubi terhadap kaum 'Ad yang durhaka kepada Allah. Mulai dari kekeringan, sambaran petir, hingga angin topan.




5. Nabi Saleh
Nabi Saleh adalah utusan Allah yang mendapat mukjizat bisa memunculkan unta betina dari batu yang terbelah. Unta itu juga mampu menghasilkan susu yang tidak pernah habis.



6. Nabi Ibrahim
Nabi Ibrahim mendapat mukjizat dari Allah berupa keselamatan meski dibakar hidup-hidup oleh Raja Namrudz yang murka karena Ibrahim menghancurkan patung-patung berhala. Nabi Ibrahim juga merupakan Rasul Ulul Azmi kedua setelah Nabi Nuh.

Gelar Rasul Ulul Azmi didapat Nabi Ibrahim karena memiliki ketabahan yang luar biasa setelah Allah memerintahkannya untuk mengurbankan anaknya, Nabi Ismail.



7. Nabi Ismail
Nabi Ismail merupakan anak Nabi Ibrahim yang dikurbankan, tetapi ketika hendak disembelih, Allah menukar Ismail dengan domba. Sejak peristiwa itu, muncullah peringatan Hari Raya Iduladha atau Hari Raya Kurban bagi seluruh Muslim di dunia.



8. Nabi Luth
Nabi Luth merupakan keponakan Nabi Ibrahim yang diselamatkan Allah dari bencana gempa bumi yang menelan Kota Sodom. Kala itu, Kota Sodom dihuni oleh orang-orang yang memiliki perilaku seks menyimpang.



9. Nabi Ishaq
Nabi Ishaq merupakan putra Nabi Ibrahim dengan istrinya, Sarah, yang bertahun-tahun tidak dikaruniai anak. Namun Allah tiba-tiba memberi mukjizat dan lahirlah Ishaq. Ishaq kemudian menikah dengan Rifqa dan dikarunia anak, salah satunya Yaqub yang ia doakan sebelum malaikat Izrail mencabut nyawanya.

 

Baca Juga : Nabi Harun AS: Pendamping Setia Nabi Musa dan Utusan Allah



10. Nabi Yaqub
Nabi Yaqub adalah orang yang dijanjikan Allah akan memiliki banyak keturunan hebat yang menguasai negeri. Hal ini terbukti karena Yaqub kemudian menikah dengan empat istri dan memiliki banyak keturunan, salah satunya Nabi Yusuf yang menjadi pembesar Mesir.



11. Nabi Yusuf
Nabi Yusuf adalah utusan Allah yang diminta berdakwah di penjara karena difitnah menggoda Zulaikha, istri Raja Mesir Qithfir. Zulaikha memfitnah Yusuf karena tergoda akan ketampanannya, tetapi Yusuf tidak tergoda sedikit pun.

Namun, Yusuf berhasil keluar dari penjara dan menjadi pembesar Mesir karena memiliki kemampuan menafsirkan mimpi Raja Qithfir.



12. Nabi Syuaib
Nabi Syuaib mendapat keselamatan dari Allah setelah menasehati kaum Madyan agar tidak menyembah berhala. Namun, mereka tidak mau mendengar Syuaib, sehingga Allah memerintahkan Syuaib dan pengikutnya untuk pergi dari Kota Madyan.

Kemudian Allah menurunkan bencana panas menyengat, awan hitam, petir, dan gempa bumi hingga seluruh kaum Madyan binasa.



13. Nabi Ayyub
Nabi Ayyub adalah nabi tersabar dan tak pernah mengeluh meski iblis memusnahkan harta, tempat tinggal, hingga keluarganya dan memberi penyakit kulit yang membuat Ayyub diasingkan. Allah akhirnya memberi mukjizat berupa sumber air dari hentakan kaki Ayyub yang mampu menyembuhkannya.



14. Nabi Zulkifli
Nabi Zulkifli berarti orang yang sanggup memegang janji. Salah satu janjinya adalah menjadi raja yang mampu berpuasa pada siang hari, beribadah pada malam hari, dan menahan marah. Setan pernah memberi cobaan kepada Zulkifli agar ia marah, tapi ternyata Zulkifli benar-benar bisa menahan amarahnya.



15. Nabi Musa
Nabi Musa juga merupakan salah satu Rasul Ulul Azmi. Allah memberi mukjizat kepadanya berupa tongkat yang mampu membelah Laut Merah untuk menyelamatkan umatnya dari kejaran Raja Firaun yang kejam.



16. Nabi Harun
Nabi Harun adalah kakak dari Nabi Musa yang selalu mendampinginya, termasuk saat dikejar oleh Raja Firaun. Harun dikaruniai kepandaian berbicara dan berdebat.



17. Nabi Daud
Nabi Daud mendapat mukjizat dari Allah berupa suara yang merdu di antara semua umat manusia, khususnya ketika melantunkan ayat Kitab Zabur. Selain itu, Daud juga bisa mengerti bahasa burung dan melunakkan besi dengan tangan kosong.



18. Nabi Sulaiman
Nabi Sulaiman mendapat mukjizat dapat berbicara dengan burung dan memimpin pasukan yang terdiri dari manusia, binatang, dan jin yang kemudian diperintahkan untuk membangun istana. Ia juga merupakan raja yang kaya raya dan adil.



19. Nabi Ilyas
Nabi Ilyas pernah memohon kepada Allah agar menurunkan hujan di Kota Ba'albak yang dilanda kekeringan karena mendapat azab lantaran menyembah berhala. Namun, bukannya bersyukur, kaum Bani Israil di kota itu justru ingin membunuh Ilyas. Kendati begitu, Allah selalu melindunginya.

 

Baca Juga : Tahukah Kalian 15 Keistimewaan Nabi Muhammad



20. Nabi Ilyasa
Nabi Ilyasa adalah anak angkat dari Nabi Ilyas yang disembuhkan olehnya dan kemudian selalu menemaninya berdakwah. Ketika Ilyas berusia lanjut, Allah mengutus Ilyasa untuk melanjutkan dakwah kepada kaum Ba'albak.



21. Nabi Yunus
Nabi Yunus adalah nabi yang pernah ditelan oleh ikan Paus, namun tetap hidup karena meminta ampun dan terus berdoa kepada Allah. Allah juga menyehatkannya yang sakit selama berada di perut ikan setelah berhasil keluar dari perut ikan tersebut.



22. Nabi Zakaria
Nabi Zakaria mendapat mukjizat dari Allah agar bisa bersembunyi di dalam pohon ketika akan dibunuh oleh pasukan Raja Herodus dari Romawi. Namun, pasukan Romawi yang mengetahui hal itu memotong pohon tersebut. Ketika pohon terbelah, Allah rupanya sudah memanggil Zakaria ke langit.



23. Nabi Yahya
Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria yang namanya diberikan langsung oleh Allah. Yahya merupakan hamba Allah yang taat dan suka beribadah di tengah hutan yang dihuni hewan buas. Namun atas izin Allah, ia tidak pernah celaka apalagi diganggu oleh hewan-hewan buas itu.



24. Nabi Isa
Nabi Isa adalah Rasul Ulul Azmi yang keempat dan merupakan putra dari Maryam, wanita suci yang mengabdi di Baitul Maqdis. Allah memberi mukjizat kepada Isa untuk membangkitkan orang dari kubur, berjalan di atas air, mendapat kitab Injil, dan menjadi nabi dari 12 pengikut setianya.



25. Nabi Muhammad
Nabi Muhammad juga merupakan Rasul Ulul Azmi dan mendapat mukjizat dari Allah berupa kitab suci Alquran. Allah pernah menyelamatkan Muhammad dengan menyembunyikannya di gua dari kejaran kaum Quraisy.

 



 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp