Bagaimana Berbuka Puasa yang Baik dan Benar , Agar Tetap Sehat Selama Puasa

By. Abid Rauf - 13 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com - Apakah Sobat   tahu bagaimana  berbuka puasa  yang benar?  Kalau belum, ayo ,kita  cari tahu .. Saat waktu buka puasa tiba, tak sedikit orang yang langsung dengan lahap menyantap berbagai makanan.  Padahal kebiasaan satu ini tidak baik dilakukan jika dalam keadaan perut yang kosong dalam waktu yang lama. Nantinya bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.  Cara buka puasa yang benar bisa membantu menjaga kesehatan kita selama berpuasa. Apa saja?   Dilansir dari laman sehatQ.com, inilah tata cara buka puasa yang benar dan sehat :

1. Membagi waktu makan

Cara buka puasa yang benar adalah dengan membagi waktu makan menjadi dua sesi. Jika kita langsung memenuhi perut yang kosong seharian secara sekaligus, ini bisa memicu terjadinya gangguan pencernaan dan membuat kadar gula dan tekanan darah melonjak. Buka puasa yang sehat bisa dilakukan dengan memberikan jeda sekitar 20 menit di antara dua sesi makan.    Mulailah dengan makanan pembuka, seperti buah atau sup.   Setelah itu, sebaiknya kita menjalankan ibadah salat magrib terlebih dahulu sebelum menyantap makan hidangan utama.   Cara berbuka yang benar akan membuat makanan lebih mudah dicerna oleh tubuh. 

 

Baca juga : Kategori Hukum Membatalkan Puasa (Kitab Safinatun Najah)

 

2. Penuhi kebutuhan cairan

Setiap hari, tubuh membutuhkan 2 liter air (8-10 gelas) supaya bisa berfungsi dengan baik dan tetap terjaga kesehatannya.  Kebutuhan ini tidak berubah walaupun kita sedang berpuasa. Buka puasa yang sehat dapat dilakukan dengan minum air secukupnya.  Salah satu tips berbuka puasa untuk memenuhi kebutuhan cairan adalah mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air, seperti sup atau buah-buahan.  Kebutuhan cairan ini harus dipenuhi secara berkala sejak berbuka hingga sahur.

3. Memilih jenis makanan buka puasa yang sehat

Cara berbuka puasa yang benar juga berkaitan dengan jenis makanan yang dipilih.  Saat berbuka, utamakan makanan yang mengandung banyak air, rendah lemak, dan mengandung gula alami.  Beberapa jenis makanan buka puasa yang sehat, yaitu:

- Air putih, susu, jus buah, atau smoothies tanpa gula tambahan.

- Kurma, yaitu buah kering dengan kandungan gula alami sekaligus kaya serat dan mineral, seperti kalium, tembaga, dan mangan.

- Buah-buahan adalah makanan buka puasa yang sehat karena mengandung air, gula alami, vitamin, dan mineral.

- Sayur sop juga dianggap sebagai makanan buka puasa yang sehat karena mengandung banyak cairan sekaligus menjadi sumber energi dan berbagai nutrisi penting.

 

Baca juga : Ini 10 Amalan Sunnah Penambah Pahala Puasa

 

4. Konsumsi makanan utama bergizi seimbang

Sesuai anjuran cara berbuka puasa yang benar, waktu makan buka puasa bisa dibagi beberapa sesi.  Setelah jeda 20 menit dari menu pembuka, kita bisa mengonsumsi makanan utama dengan menu yang lebih lengkap.  Cara berbuka puasa yang benar harus bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.  Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki gizi seimbang, baik makanan bertepung (termasuk biji-bijian), buah dan sayur, serta makanan kaya protein (daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan).  Kita juga bisa menambahkan makanan olahan susu ke dalam menu makanan buka puasa yang sehat.  Konsumsi yogurt atau minuman susu probiotik bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

 

Wallahu’alam









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp