Berkunjung ke Peternakan Unta di Hudaibiyah - City Tour Saudi Arabia

By. Darma Taujiharrahman - 05 Apr 2023

Bagikan:
img

batemuritour.com - Hai sobat Batemuri sekalian, berikut ini ada informasi mengenai destinasi city tour saat tengah berziarah ke Saudi Arabia berikut penjelasnnya.

 

Sambil menikmati suasana beribadah di kota suci Madinah dan Makkah. Cobalah untuk menikmati perjalanan city tour dengan mengunjungi peternakan unta hingga kebun kurma.

 

Kedua hal ini menjadi ciri khas bagi kebanyakan negara yang terletak di Timur Tengah yang harus ikut serta menjadi destinasi yang dapat dikunjungi kala berkunjung ke sana. Berikut informasi dua destinasi khas yang wajib dikunjungi.

 

Baca juga: Kisah Dibalik Jabal Uhud, Saksi Bisu Perang Uhud

 

Peternakan unta

 

Di Arab Saudi, peternakan unta umumnya dapat dijumpai di beberapa daerah khusus seperti Hudaibiyah, Asyuraeek, dan Ja'ronah. Di antara ketiganya, yang banyak dikunjungi oleh para peziarah adalah Hudaibiyah karena aksesnya mudah yaitu berlokasi sedikit di luar Kota Makkah menuju Jeddah.

 

Berbagai hal menarik dapat dilakukan disana, diantaranya pengunjung bisa memberi makan unta dengan rumput yang sudah disediakan. Meski hidup di wilayah gurun yang mana sulit untuk menemukan tanaman hijau, unta-unta yang dibudidayakan disana cukup gemuk. Bahkan unta-unta tersebut bisa memproduksi susu.

 

Foto: Memerah susu untah, sumber youtube Mas Awiee

 

Selain itu, traveler juga bisa mempelajari berbagai informasi menarik tentang unta. Misalnya saja, tubuh unta dapat bertahan hingga suhu 41 derajat Celcius. Jika lebih dari suhu itu, kulit unta akan berkeringat.

 

Hebatnya, unta mampu bertahan dengan kehilangan massa sekitar 20 hingga 25 persen selama berkeringat. Padahal umumnya makhluk hidup jika maksimal kehilangan 3-4 persen massa akan mengalami gagal jantung akibat mengentalnya darah.

 

Uniknya lagi, di sana traveler juga bisa menemukan botol kuning yang tak lain adalah air kencing unta. Kencing tersebut dijual kepada pada pengunjung. Harga kencing unta dalam botol ukuran 330-350 ml adalah 20 Riyal atau sekitar Rp 71 ribu.

 

Harga kencing unta itu jauh lebih mahal ketimbang harga susu unta segar yang juga dijual di peternakan unta. Susu dalam botol ukuran 330-350 ml harganya 5 Riyal atau sekitar Rp 18.000. Kencing unta lebih mahal karena unta jarang kencing.

 

Umumnya urine atau kencing unta diminum dengan mencampurkannya dengan susu. Secara penelitian ilmiah, urine milik unta berbeda dengan urine hewan-hewan lainnya. Dalam hal ini urine unta tidaklah beracun dan bahkan memiliki kandungan efek antikanker yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

 

Dalam kacamata hukum, MUI Indonesia memberikan pendapat bahwa kencing unta tidaklah haram dengan merujuk pada Hadis Riwayat Ahmad nomor 2545 yang berbunyi, “Sesungguhnya dalam air kencing unta dan susunya mengandung obat bagi penyakit di dalam perut mereka”.

 

Baca juga: Mengenal Masjid Quba, Masjid Bersejarah Umat Islam

 

Sekian informasi seputar wisata ziarah di Saudi Arabia

Untuk informasi yang lebih lengkap seputar perjalanan haji ataupun umrah kunjungi kami di www.batemuritour.com, Salam....









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp