Ada Apa Sih Masjid Aisyah di Makkah ?

By. Ibnu Fikri Ghozali - 19 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Masjid Tan'im, terletak sekitar 7,5 kilometer dari Masjidil Haram, menjadi lokasi miqat terdekat bagi warga Makkah dan jamaah yang hendak melakukan umrah. Menyuguhkan fasilitas lengkap bagi para jamaah, masjid ini tak pernah sepi dari kehadiran rombongan jamaah dari berbagai negara.

 

Baca juga: Menelisik Sejarah Umat Islam di Saqifah Bani Saidah

 

Fasilitas yang tersedia di Masjid Tan'im sangat memadai untuk kebutuhan para jamaah yang hendak berihram. Mulai dari kamar mandi untuk mandi atau berganti ihram, tempat wudhu yang dilengkapi dengan tempat duduk, hingga toko-toko yang menjual keperluan ihram seperti kain ihram dan ikat pinggang, semuanya tersedia di sini. Jamaah juga dapat dengan mudah menemukan air zam-zam di depan masjid.

 

Kebersihan juga menjadi prioritas di Masjid Tan'im, dengan fasilitas yang cukup bersih dan dilengkapi dengan pendingin udara serta permadani yang empuk untuk kenyamanan para jamaah. Dua menara setinggi 50 meter menjadi ciri khas masjid ini, yang juga memiliki area yang ditumbuhi rerumputan dan taman yang menambah keindahan lingkungan sekitar.

 

Sejarah yang menyertai Masjid Tan'im juga menambah makna keberadaannya. Masjid ini awalnya dikenal sebagai Masjid Aisyah, dinamai oleh Nabi Muhammad SAW sendiri sebagai salah satu miqat ibadah haji atau umrah. Nama Aisyah merujuk pada salah satu istri Rasulullah, Ummul Mukminin Aisyah RA, yang pernah menggunakan miqat ini untuk memulai ihramnya dalam ibadah umrah.

 

Baca juga: Adab Mencium Hajar Aswad

 

Melalui sejarahnya yang kaya, Masjid Tan'im telah mengalami beberapa kali renovasi, termasuk renovasi besar-besaran pada masa Raja Fahd bin Abdul Azis yang membuatnya mampu menampung sekitar 15 ribu jamaah. Meskipun telah mengalami berbagai perubahan, masjid ini tetap memancarkan keindahan dan keberkahan bagi para jamaah yang datang untuk memulai ibadah umrah mereka dengan niat yang tulus dan suci.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp