Hijir Ismail Bangunan Separuh Lingkaran dengan Pahala Luar Biasa

By. Miftahul Jannah - 21 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hijir ismail merupakan tempat yang dibatasi dan dilindungi dengan penjagaan ketat. Shalat di hijir ismail memiliki nilai sama dengan shalat di dalam ka'bah

 

Baca Juga : Mengenal Ka'bah, Ini Dia 12 Bagian Ka'bah yang Harus Kamu Tau!!

 

Jika memungkinkan, jemaah dianjurkan untuk shalat di hijir ismail. Namun tempat tersebut sempit dan selalu berdesak-desakan untuk memasukinya. Jemaah perlu mempertimbangkan situasi tersebut dengan kekuatan fisik yang dimiliki, jika kurag yakin maka sebaiknya tidak perlu masuk diarea hijir ismail

 

Jika akan masuk ke hijir ismail jemaah dapat memutari tembok hijir ismail sampai ke pintu masuknya, kemudian masuk ke dalamnya. Biasanya di dalam hijir ismail ramai sekali dan sesak jemaah yang ingin mendirikan shalat. Jika mendapatkan posisi yang cukup untuk sujud segeralah melaksanakan shalat 2 rakaat dan setelah selesai segeralah bergeser dan bangkit agar tempatnya dapt digunakan oleh jemaah lain untuk berdoa dengan posisi berdiri saja, lebih aman jika masuk ke hijir ismail berdua bertiga sehingga bergantian shalat, sementara yang 2 melindungi jemaah dari desakan jemaah lain.

 

Hijir ismail merupakan salah satu tempat yang memiliki keistimewaan tersendiri di dalam Masjidil Haram, Mekah. Tempat tersebut dibatasi dan dilindungi dengan penjagaan ketat karena memiliki nilai spiritual yang tinggi bagi umat Islam. Keistimewaan melaksanakan shalat di Hijir ismail dianggap memiliki nilai yang sama dengan shalat di dalam Ka'bah, sehingga hal tersebut menjadikan jemaah haji berbondong-bondong untuk melakukan shalat ditempat tersebut.

 

Diriwayatkan oleh Abu Daud, Dikisahkan ketika Siti Aisyah ingin masuk ke dalam Ka’bah, Rasulullah bersabda:

 

“Sayyidah Aisyah berkata: Aku sangat ingin memasuki Ka’bah untuk melakukan shalat di dalamnya. Kemudian Rasulullah membawa Siti Aisyah ke dalam hijir ismail dan berkata: “Shalatlah kamu di sini jika kamu ingin shalat di dalam Ka’bah, karena termasuk sebagian dari Ka’bah”.

 

Baca Juga : Wujudkan Niat Berhaji Mulai dari Sekarang

 

Shalat di hijir ismail memiliki nilai yang sangat berharga dalam Islam. Oleh karena itu, jika memungkinkan, jemaah dianjurkan untuk melaksanakan 2 rakaat shalat sunnah di hijir ismail. Namun, perlu diingat bahwa tempat tersebur seringkali sangat ramai sampai berdesak-desakan sehingga jemaah perlu mempertimbangkan kekuatan fisik sebelum memasukinya

 

 Tips untuk Masuk ke Hijir ismail dengan Aman

 

Jika jemaah memutuskan untuk masuk ke hijir ismail, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman:

 

1. Pertimbangkan Kekuatan Fisik

 

Jemaah perlu mempertimbangkan kekuatan fisik sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam hijir ismail karena ramainya orang akan menguras tenaga jemaah karena memerlukan tenaga ekstra untuk terus melangkah mendapatkan tempat di dalam hijr ismail

 

2. Bergantian Shalat

Jika memungkinkan untuk masuk ke dalam hijir ismail, jemaah minimal mengajak teman agar dapat masuk bareng berdua atau bertiga sehingga dapat bergantian dalam melaksanakan shalat. Salah satu dari mereka ada yang shalat dan dua diantaranya dapat menjaga dan melindungi jemaah lain dari desakan jemaah yang lain.

 

3. Gunakan waktu luang dengan Bijak

 

Jika mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan shalat di hijir ismail, maka segeralah melakukannya dengan khusyuk. Namun, setelah selesai, segeralah bangkit dan bergeser agar tempatnya dapat digunakan oleh jemaah haji lainnya.

 

Baca Juga : Adab Mencium Hajar Aswad

 

Dengan memahami keistimewaan dan situasi di sekitar hijir ismail, jemaah haji dapat menjalankan ibadah dengan lebih tenang dan penuh kekhusyukan. Semoga setiap langkah yang diambil dalam ibadah haji selalu mendapatkan berkah dan keridhaan dari Allah SWT.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp