Beginilah Tata Cara Sholat Hajat

By. Ibnu Fikri Ghozali - 26 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Sholat Hajat adalah salah satu ibadah sunah yang dilakukan oleh umat Islam untuk memohon kepada Allah SWT atas suatu hajat atau keinginan tertentu. Ibadah ini dilakukan dengan harapan agar Allah SWT mengabulkan doa dan permohonan yang diajukan. Sholat Hajat dapat dilakukan dalam rentang dua hingga dua belas rakaat, dengan satu salam setiap dua rakaat.

 

Baca juga: Tips Kesehatan bagi Jemaah Haji Resti (Diabetes, Tekanan Darah Tinggi, dan Sakit Jantung)

 

Menurut panduan dari buku "Menjemput Berkah Lewat Shalat Hajat" karya Abu Khansa Al-Harits, waktu yang dianggap paling utama untuk melaksanakan Sholat Hajat adalah pada sepertiga malam terakhir. Hal ini merujuk pada sebuah hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW menyatakan bahwa Allah SWT turun ke langit dunia pada waktu tersebut dan siapa pun yang memohon kepada-Nya akan dikabulkan.

 

Setelah melaksanakan gerakan dan bacaan sholat yang mirip dengan sholat fardhu, sesudah Sholat Hajat biasanya diakhiri dengan membaca doa dan zikir. Berikut ini adalah beberapa zikir yang disarankan setelah menyelesaikan Sholat Hajat:

 

1. Istighfar

Dianjurkan untuk membaca istighfar sebanyak 100 kali dengan kalimat "Astaghfirullaahal 'azhiim", yang artinya "Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung".

2. Sholawat

Selanjutnya, disarankan untuk membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebanyak 100 kali dengan kalimat "Allahumma shalli 'ala sayyidina muhammadin shalaat ar ridha wardha 'an ashaabihir ridha ridha", yang artinya "Ya Allah, berilah karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhai dan ridhailah para sahabat sekalian".

 

Baca juga: Tips Mengatasi Diare Pada Jemaah Haji di Tanah Suci

 

Setelah melakukan zikir-zikir tersebut, Sholat Hajat biasanya ditutup dengan membaca doa. Berikut adalah salah satu doa yang biasa dibaca setelah Sholat Hajat, seperti yang diambil dari buku "300 Doa dan Zikir Pilihan" dari penerbit Gema Insani:

 

"لا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَكِيمُ الْكَرِيمُ . سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِاالْعَظِيمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرِّ وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمِ لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ وَلَا هَمَّا إِلَّا فَرَجَتَهُ وَلَا حَاجَةً إِلَّاهِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَالرَّاحِمِينَ ."

 

Doa ini merupakan permohonan ampunan, rahmat, dan berbagai kebaikan kepada Allah SWT. Setelah itu, disarankan juga untuk memohon kepada Allah SWT dengan bersujud dan memperbanyak bacaan "لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ", yang artinya "Tidak ada Tuhan selain Engkau ya Allah. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim".

 

Baca juga: Memilih Haji Ifrad untuk Fokus Beribadah Haji Tanpa Umrah Terlebih Dahulu

 

Dengan melaksanakan Sholat Hajat dan mengikuti zikir serta doa yang dianjurkan, umat Islam diharapkan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon atas segala hajat dan kebutuhan mereka.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp