Sambut Malam Lailatul Qodar dengan Amalan-Amalan Ini

By. Ibnu Fikri Ghozali - 27 Mar 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Lailatul Qodar merupakan salah satu malam yang sangat istimewa dalam agama Islam. Secara etimologis, "Lailah" berarti malam, sedangkan "Al Qodar" berarti takdir atau kekuasaan. Dalam terminologi agama, Lailatul Qodar merujuk pada malam di mana Al-Qur'an pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

 

Baca juga: Tata Cara Pengerjaan Sa'i sesuai Ketentuan Islam

 

Ayat-ayat dalam Surah Al-Qodar (Al-Qadr) ayat 1-5 menjelaskan tentang keistimewaan malam tersebut. Lailatul Qadar disebutkan sebagai malam yang lebih baik daripada seribu bulan, di mana malaikat turun ke bumi dengan izin Allah SWT untuk menetapkan segala urusan. Malam ini penuh dengan keberkahan dan rahmat, serta memancarkan cahaya hidayah kepada manusia.

 

Menurut tafsir dari Kementerian Agama Republik Indonesia (RI), Lailatul Qodar adalah malam yang penuh dengan keagungan dan kemuliaan. Dalam malam tersebut, cahaya hidayah diturunkan kepada manusia, serta merupakan awal dari penegakan syariat Islam. Malam Lailatul Qodar lebih utama daripada seribu bulan, di mana umat manusia diberikan kesempatan untuk mendapat keberkahan dan ampunan.

 

Amalan yang Dianjurkan di Malam Lailatul Qodar

Dalam menyambut malam Lailatul Qodar, umat Islam dianjurkan untuk meningkatkan ibadah dan amalan mereka. Beberapa amalan yang dianjurkan antara lain:

  1. Memperbanyak zikir pagi dan petang.
  2. Meningkatkan kualitas salat fardhu dan memperbanyak salat sunnah.
  3. Memberikan sedekah yang wajib maupun sunnah.
  4. Berbagi hidangan buka puasa dengan sesama.
  5. Banyak berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT.
  6. Melakukan salat taubat.
  7. Membaca Al-Qur'an dan merenungkan maknanya.

 

Baca juga: Hindari 4 Larangan Haji Agar Menjadi Haji Yang Mabrur

 

Rasulullah SAW sebagai teladan bagi umat Islam, selalu memberikan contoh dalam menjalankan ibadah, terutama dalam menyambut malam Lailatul Qodar. Beliau membangunkan keluarganya untuk beribadah di malam tersebut, dan menyuruh umatnya untuk mencari Lailatul Qodar di sepuluh malam terakhir bulan Ramadan.

 

Selain itu, Rasulullah SAW juga mengajarkan doa khusus yang bisa dibaca ketika seseorang yakin bahwa malam itu adalah Lailatul Qodar. Doa tersebut adalah:

 

"اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني"

 

"Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni" (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf dan mencintai keampunan, maka ampunilah dosa-dosaku).

 

Dengan melakukan berbagai amalan yang dianjurkan dan mengikuti contoh Rasulullah SAW, diharapkan umat Islam dapat mendapatkan keberkahan dan ampunan di malam Lailatul Qodar. Semoga Allah SWT memperkenankan kita semua untuk menggapai keutamaan malam yang istimewa ini.

 

Baca juga: Ini Dia Manfaat Do'a Pasca Talbiyah, Kunci mendapat Ridha hingga perlindungan dari Neraka









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp