5 Sholat Sunnah yang Bisa Dilakukan saat Iktikaf di Masjid

By. Ibnu Fikri Ghozali - 01 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Iktikaf, sebuah ibadah berdiam diri dalam masjid, merupakan momen yang sangat dianjurkan terutama pada 10 malam terakhir bulan Ramadan. Saat berada dalam iktikaf, selain melakukan berbagai amalan baik, sholat sunnah juga dapat dilakukan untuk menambah pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut adalah 5 sholat sunnah yang bisa dilakukan saat iktikaf di masjid.

 

Baca juga: Puasa Ramadhan Tapi Meninggalkan Sholat ?

 

1. Sholat Tahiyatul Masjid

Sholat tahiyatul masjid dilakukan sebagai bentuk penghormatan saat memasuki masjid. Dilakukan dengan mengerjakan dua rakaat salam, sholat ini merupakan sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) bagi setiap muslim yang memasuki masjid.

 

2. Sholat Rawatib

Sholat rawatib adalah sholat sunnah yang dikerjakan sebelum atau sesudah sholat wajib lima waktu. Terbagi menjadi sholat qobliyah (sebelum sholat wajib) dan sholat ba'diyah (sesudah sholat wajib), sholat rawatib memiliki jumlah yang tetap yaitu 12 rakaat, yang terdiri dari 2 rakaat sebelum Shubuh, 4 rakaat sebelum Dhuhur, dan 2 rakaat sesudahnya, serta 2 rakaat setelah Isya.

 

3. Sholat Tahajud

Sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam terakhir yang merupakan waktu yang sangat mustajab (dikabulkan) oleh Allah SWT. Dilakukan setelah bangun dari tidur, sholat tahajud merupakan amalan yang sangat dianjurkan karena dapat menjadi sarana untuk memohon ampunan dan meminta berbagai hajat kepada Allah SWT.

 

Baca juga: Sholat Qobliyah Subuh Menjadikan Dunia dan Seisinya dalam Genggaman

 

4. Sholat Hajat

Sholat hajat adalah sholat yang dilakukan untuk memohon kepada Allah karena memiliki hajat atau keperluan yang harus diwujudkan. Meskipun tidak ada waktu khusus yang disebutkan dalam dalil, sholat hajat sebaiknya dilakukan pada malam hari karena malam adalah waktu diijabahnya doa. Sholat hajat boleh dikerjakan satu kali atau beberapa kali hingga terkabulnya hajat.

 

5. Sholat Taubat

Sholat taubat adalah sholat yang dilakukan setelah seseorang menyadari dosa-dosanya dan bermaksud bertaubat kepada Allah SWT. Dilakukan dengan cara yang sama seperti sholat sunnah pada umumnya, sholat taubat merupakan amalan yang dianjurkan bagi setiap muslim yang ingin memperbaiki diri dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Dengan melaksanakan sholat sunnah ini, diharapkan setiap muslim yang beriktikaf dapat memperoleh pahala yang melimpah dan mendapatkan berbagai keberkahan dalam ibadahnya. Semoga Allah SWT senantiasa menerima amalan kita dan menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang taat dan bertaqwa. Aamiin.

 

Baca juga: Tasamuh Menjadi Kunci Utama Perdamaian Dunia









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp