8 Tata Tertib Umrah sebagai Landasan Utama Perjalanan Spiritual

By. Miftahul Jannah - 01 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Ibadah umrah adalah momen sakral bagi umat Islam yang memerlukan ketenangan, kesabaran, dan penghayatan yang mendalam. Untuk menjaga kekhidmatan ibadah tersebut, sangat penting bagi setiap jemaah umrah untuk mematuhi tata tertib umrah yang telah ditetapkan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh jemaah umrah untuk menaati tata tertib umrah:

 

Baca Juga : Inilah Langkah-langkah Menggunakan Jasa Kursi Roda Sebagai Solusi Kemudahan Beribadah Jemaah Resti

 

 1. Menjaga Kesucian

 

Kesucian dalam ibadah umrah tidak hanya terbatas pada fisik, tetapi juga melibatkan kesucian hati dan pikiran. Jemaah diharapkan untuk memperbanyak ibadah, seperti shalat, dzikir, dan membaca Al-Quran, serta menjauhi segala bentuk maksiat dan larangan agama.

 

 2. Mengutamakan Sedekah

 

Salah satu adab umrah adalah bersedekah kepada penduduk asli Mekah, Madinah, dan sekitarnya. Sedekah dapat berupa amalan, makanan, barang, atau uang yang bermanfaat bagi mereka. Hal ini merupakan wujud kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama umat muslim.

 

 3. Menjaga Hewan

 

Di sekitar Tanah Haram, terdapat banyak hewan liar yang hidup secara bebas. Jemaah diharapkan untuk tidak mengganggu hewan-hewan tersebut dan menjaga kedamaian di sekitar mereka. Jika ingin memberi makan, jemaah sebaiknya bertanya terlebih dahulu kepada warga setempat.

 

 4. Menghindari Pertengkaran

 

Pertengkaran antar sesama jemaah harus dihindari. Kontrol emosi dan sikap toleransi sangat penting agar suasana ibadah tetap khusyuk dan damai. Pertengkaran juga dapat mengganggu ketertiban dan keamanan di sekitar Tanah Haram.

 

 5. Tidak Mengambil Barang Temuan

 

Baca Juga : Ini Dia Resiko yang Harus Dihadapi Jemaah Ketika Terburu-buru dalam Mengerjakan Ibadah Umrah

 

Jemaah tidak diperbolehkan untuk mengambil barang temuan selama melaksanakan umrah. Jika menemukan barang, sebaiknya diserahkan kepada pihak berwenang atau dibiarkan di tempatnya. Mengambil barang temuan tanpa izin merupakan tindakan yang tidak baik dan melanggar aturan.

 

 6. Menghormati Sesama Umat Muslim

 

Saling menghormati dan menghargai sesama umat muslim merupakan nilai penting dalam ibadah umrah. Merendahkan atau mengejek orang lain, baik dalam hal penampilan, barang bawaan, maupun profesi, tidak mencerminkan sikap yang Islami. Oleh karena itu jemaah harus memiliki sikap saling menghirmati umat muslim agar memenuhi tata tertib ibadah umrah.

 

 7. Mematuhi Aturan Berpakaian

 

Jemaah diharuskan mematuhi aturan berpakaian yang telah ditetapkan, terutama saat mengenakan baju ihram. Pemilihan pakaian yang sesuai akan menunjukkan ketaatan dan kesungguhan dalam menjalankan ibadah umrah. Pada jemaah laki-laki diharuskan menggunakan pakaian yang tidak berjahit, sedangkan Perempuan wajib menggunakan pakaian yang tertutup, tidak ketat yang membentuk lekuk tubuh, dan tidak nerawang

 

 8. Membawa Alat Komunikasi

 

Penting bagi jemaah untuk membawa alat komunikasi agar mudah dihubungi oleh rombongan atau pihak berwenang. Hal ini akan membantu dalam mengatasi situasi darurat atau jika terpisah dari rombongan selama melaksanakan ibadah.

 

Baca Juga : Inilah 3 Hal Yang Allah Janjikan Kepada Pelaksana Ibadah Umrah

 

Dengan mematuhi tata tertib umrah, jemaah dapat menjalani ibadah dengan tertib, khusyuk, dan penuh keberkahan. Semoga setiap langkah yang dijalankan menjadi sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan ampunan-Nya.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp