7 Tips Mudik Dengan Mobil Pribadi Agar Aman

By. Walid Iqbal Istiardi - 01 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mudik lebaran adalah momen paling istimewa. Kesempatan yang hanya ada satu kali satu tahun. Bagi mereka yang bekerja atau berkeluarga jauh, tentu mudik jadi momen paling ditunggu.

Karena itu, kesempatan yang penuh bahagia itu jangan sampai rusak karena kita lalai mempersiapkan diri. Semua hal harus disiapkan dengan baik. Mulai dari buah tangan, pakaian, hingga kendaraan yang akan digunakan.


Di sini saya akan berbagi 7 tips Mudik dengan kendaraan pribadi, khususnya mobil agar aman dan selamat sampai kampung halaman. Tips ini sangat penting diperhatikan kalau tidak mau tiba-tiba ada masalah di tengah perjalanan.

 

Baca Juga :  Persiapan Idul Fitri 2024/1445H, 20 Ucapan Berkesan Untuk Teman dan Saudara

 

1. Isi bensin minimal dua kali lipat dari perjalanan hari biasa.

Kalau misalnya kita akan mudik dari kota A ke kampung B biasanya hanya menghabiskan bensin 4 liter pada hari biasa. Khusus untuk mudik ini, pastikan isi bensin minimal 8 liter. Bahkan kalau bisa diisi full tank jauh lebih baik.

Alasannya adalah momentum mudik biasanya jalanan padat. Ditambah lagi ingin segera tiba di kampung dan malas mampir dan antre di pom bensin. Daripada kehabisan bensin di tengah jalan, lebih baik lakukan antisipasi lebih awal.

 

2. Cek kondisi radiator dan bawa coolant cadangan

Keadaan radiator sangat penting bagi kendaraan. Kalau radiator mampet atau bermasalah bisa berakibat fatal. Mulai dari Overheat, terbakar, atau bahkan harus turun mesin. 

Untuk itu, sebaiknya sebelum mudik lakukan pemeriksaan terlebih dahulu pada radiator mobil. Kalau perlu siapkan coolant cadangan di bagasi. Hal ini untuk jaga-jaga khawatir air radiatornya habis di tengah perjalanan.

 

3. Pastikan oli mesin dan oli rem aman

Fungsi oli pada mobil sangat besar. Tanpa oli, sebuah mobil tidak bisa berjalan. Oleh karena itu, kondisi oli ini harus benar-benar diperhatikan.

Oli mesin harus dipastikan aman. Pastikan saat akan dibawa mudik, oli mobil kita berada di titik maksimal. Demikian pula dengan oli rem. Jangan sampai akibat lalai mengecek oli rem, mobil kita mengalami masalah di perjalanan.

 

Baca Juga : Mengetahui Makna Idul Fitri dan Lebaran

 

4. Periksa kondisi Ban
Ban pada kendaraan bagaikan kaki pada manusia. Tanpa ban, sebuah kendaraan tidak akan bisa berjalan. Untuk itu, memastikan kondisi ban dalam keadaan baik sangatlah urgen. 

Pastikan ban mobil kita masih tebal atau layak pakai. Hal ini sangat penting karena perjalanan yang akan ditempuh cukup jauh. Bahkan mungkin medannya pun sulit.

Pastikan juga tekanan angin pada ban sudah normal. Khawatir sepanjang perjalanan ke kampung halaman kesulitan menemukan tempat isi angin. Apalagi bila kampung yang akan kita kunjungi cukup masuk ke pelosok.

 

5. Pastikan kelistrikan, accu, dan lampu dalam keadaan normal

Bisa jadi kampung halaman yang akan kita kunjungi tak memiliki lampu jalan. Untuk itu, memastikan kondisi kelistrikan, accu, dan lampu pada mobil kita amat penting. Jangan sampai perjalanan kita terganggu karena gelapnya malam.

 

6. Pastikan kondisi pengemudi dalam keadaan sehat

Jika lima sebelumnya berkaitan dengan mobil yang akan dikendari maka pada bagian ini kita juga perlu memastikan kondisi pengemudinya. Jika jarak yang akan ditempuh jauh maka kalau bisa bergantian dalam menyetir.

Upayakan tidak kecapaian dalam perjalanan. Hal itu bisa disiasati berangkat pagi atau malam. Jangan berangkat siang, apalagi dalam keadaan berpuasa. Meskipun orang yang sedang dalam perjalanan diperbolehkan tidak berpuasa.

 

Baca Juga : Dua Peristiwa Agung Ini Menjadi Bukti Kemuliaan Syawal

 

7. Siapkan makanan dan minuman

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di perjalanan mudik. Apakah perjalanan kita akan lancar atau macet. Oleh karena itu, alangkah lebih baik kita sedia payung sebelum hujan. Kita siapkan makanan dan minuman.

Dengan begitu, kalaupun ternyata kita perlu berbuka puasa di tengah perjalanan kita tidak bingung. Kita tidak perlu bingung cari warung makan. Apalagi jika perjalanan kita terkena macet yang panjang.


Tujuh tips itu adalah hal-hal penting yang harus disiapkan sebelum mudik. Tujuh hal itu perlu dipastikan aman terlebih dahulu sebelum berangkat. Kita bisa menyicil menyiapkan tujuh hal itu dari sekarang.

 

Baca Juga : Bukan Cuma Lebaran, Ini Dia 6 Hari Besar Umat Islam

 

Semoga perjalanan mudik kita aman, selamat, dan mengasyikkan. Semoga mudik kita penuh berkah dan menambah kuat tali persaudaraan. Selamat mudik dan selamat bersiap menyambut hari raya.

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp