Manfaat Meminta Maaf bagi Kesehatan Mental

By. Walid Iqbal Istiardi - 03 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Pada saat malam Lebaran Idul Fitri, biasanya kamu akan menerima banyak sekali ucapan selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri sekaligus mohon maaf lahir dan batin. Hal yang sama pun biasanya akan kamu lakukan. Rasanya kurang afdal jika kamu tak meminta maaf, terutama kepada orang yang lebih tua dan juga orang-orang yang kamu hormati.

Tidak sedikit orang yang merasa gengsi untuk meminta maaf atas kesalahan yang pernah dibuatnya. Padahal melakukan permintaan maaf penting bagi kesehatan mental lho. Beberapa peneliti serta psikolog telah mengungkapkan bahwa minta maaf adalah sesuatu yang sangat penting dilakukan bagi kesehatan mental.

 

Baca Juga :

10 Cara Meminta Maaf Saat Lebaran

Keutamaan Menghidupkan Malam Idul Fitri

 

Berikut ini beberapa manfaat meminta maaf untuk kesehatan mental :

 

1. Meningkatkan Kesadaran Diri

Saat meminta maaf, kamu dapat meluangkan waktu untuk menyadari bahwa kamu telah menyakiti seseorang. Seiring dengan berjalannya waktu, tindakan ini kemudian akan mampu meningkatkan pandangan serta pemahaman. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih belajar dan bisa menjadi pribadi yang lebih sensitif atau menyesuaikan diri dengan orang lain.

Selain itu, kamu juga dapat fokus untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Tanpa kesadaran diri, akan sangat mudah untuk mengulangi pola kesalahan yang sama. Nah, permintaan maaf yang baik bisa memberikan perubahan untuk diri kamu terutama untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

 

2. Menghilangkan Sakit Hati

Belajar meminta maaf saat membuat kesalahan bisa dibilang sebagai salah satu langkah penting terutama untuk menghilangkan rasa sakit hati. Tindakan ini bisa membuat seseorang menjadi sadar akan kesalahan yang pernah dibuatnya sekaligus membuka jalan untuk memaafkan orang lain.

Berbagai penelitian ilmiah tentang kekuatan meminta maaf juga telah menunjukkan bahwa ketika korban menerima permintaan maaf dari pelakunya, ia kemudian akan mengembangkan empati kepada orang itu. Hal inilah yang kemudian bisa menumbuhkan sifat pemaaf. Ketika menerima permintaan maaf, kamu akan merasa bahwa pelaku mengakui perasaan serta bersedia membantu menghilangkannya.

 

3. Mengakui dan Bertanggung Jawab

Setiap orang mungkin pernah membuat kesalahan di dalam hidupnya. Oleh sebab itu, mungkin kamu pernah melakukan kesalahan kepada orang lain yang mungkin saja tidak disengaja. Ini akan membuat hubungan menjadi renggang dengan orang orang lain. Jika ingin memiliki hubungan yang sangat berarti, maka kamu harus bersedia bertanggung jawab serta meminta maaf atas tindakan yang dilakukan.

Melakukan tindakan ini bisa membuat seseorang menjadi lebih belajar, berkembang, serta berdamai dengan kesalahan yang pernah dibuatnya. Meminta maaf juga akan menunjukkan kerendahan hati, sehingga dapat menyadari bahwa dirimu telah menyakiti orang lain. Perilaku teladan ini membuat orang terdekat menirukan apa yang telah kamu lakukan. Dengan begitu, suatu hubungan keluarga, pertemanan bisa menjadi lebih erat.

 

Baca Juga :

4 Hal Sunnah Rasulullah Sebelum Sholat Ied

Tradisi Usai Shalat Ied, Makan Bersama di Mushola

 

4. Membantu Memperbaiki Hubungan

Perselisihan yang terjadi bisa saja membuat salah satu pihak merasa paling benar. Selain itu, kesombongan juga akan menghambat hubungan yang baik dengan orang lain. Saat hal ini terjadi, orang lain yang ada di sekitarmu mungkin saja menjadi kurang nyaman. Bahkan bisa saja menimbulkan perselisihan.

Sebaliknya, ketika kamu memilih untuk meminta maaf dengan tulus, maka kamu bisa membuka kesempatan untuk membuat hubungan menjadi lebih baik. Dengan begitu, mereka akan lebih mempercayaimu.

 

5. Mempertahankan Harga Diri

Efek negatif dari penyesalan serta rasa malu yang mungkin kamu akan rasakan ketika telah menyakiti orang lain adalah bisa membuat kamu merasa sakit secara mental. Dengan meminta maaf serta bertanggung jawab atas kesalahan yang telah diperbuat, maka kamu bisa terbebas dari rasa bersalah atas apa yang pernah dilakukan.

 

6. Menghilangkan Stres

Dengan meminta maaf atas kesalahan yang pernah kamu lakukan, maka bisa membantu kamu dalam menghilangkan energi negatif yang ada di dalam diri. Dengan begitu, kamu akan menjadi lebih aman dan damai, sehingga rasa stres dalam diri pun menjadi berkurang. Jadi, mulai saat ini jangan pernah ragu untuk meminta maaf ketika sudah melakukan kesalahan.

 

Baca Juga :

Mengetahui Makna Idul Fitri dan Lebaran

5 Ide Jualan Menjelang Lebaran

 

Nah itulah Manfaat meminta maaf saat lebaran bagi kesehatan mental kita,  semoga kita semua selalu diberikan kesehatan lahir batin oleh Allah SWT, dan dapat segera menyambut Hari Lebaran Yang sebentar lagi akan kita rayakan bersama-sama, setelah sebulan kita menjalani ibadah puasa, kemenangan sudah didepan mata. Wallahu'alam ..

 

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp