Amalan-Amalan pada Jumat Terakhir Ramadan

By. Ibnu Fikri Ghozali - 05 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Jumat terakhir dalam bulan Ramadan merupakan waktu yang istimewa dan penuh keberkahan bagi umat Islam. Rasulullah SAW juga melakukan beberapa amalan pada Jumat terakhir Ramadan, mengingat keutamaan dan kemuliaan hari tersebut.

 

Baca juga: Asal Usul Kata Lebaran yang Perlu Kamu Tahu

 

1. Berdoa agar Ramadan bukan yang terakhir

Rasulullah SAW pernah berdoa pada malam terakhir Jumat terakhir Ramadan agar bulan Ramadan saat itu tidak menjadi yang terakhir. Beliau berdoa dengan mengucapkan,

"Ya Allah, jangan jadikan bulan ini bulan Ramadan terakhir bagi puasa kami. Jika Engkau menjadikannya seperti itu, maka jadikanlah aku orang yang dikasihani dan jangan jadikan aku orang yang terhalangi."

 

2. Memperbanyak Sedekah

Pada hari Jumat, sedekah memiliki keutamaan yang lebih besar, terutama jika dilakukan pada bulan Ramadan. Rasulullah SAW bersabda bahwa pahala sedekah dilipatgandakan pada hari Jumat. Oleh karena itu, memperbanyak sedekah pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

3. Memperbanyak Zikir dan Doa

Hari Jumat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa jika seseorang berdiri untuk melaksanakan salat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu tertentu di hari Jumat, maka Allah akan memberikan apa yang diminta. Oleh karena itu, memperbanyak zikir dan doa pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

Baca juga: Membiasakan Tidur Awal dan Bangun Awal

 

4. Memperbanyak Sholawat

Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk memperbanyak sholawat pada hari Jumat. Beliau bersabda bahwa orang yang membaca sholawat kepadanya pada hari Jumat akan diberi cahaya di antara dua Jumat. Oleh karena itu, membaca sholawat pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

5. Membaca Surah Al Kahfi

Membaca surah Al Kahfi pada hari Jumat memiliki banyak keutamaan, termasuk diterangi dengan cahaya di antara dua Jumat. Oleh karena itu, membaca surah Al Kahfi pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

6. Salat Sunah Dhuha

Salat sunah dhuha juga merupakan amalan yang dianjurkan, terutama jika dilakukan pada hari Jumat. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa orang yang melakukan salat dhuha akan diberi istana di surga. Oleh karena itu, melaksanakan salat dhuha pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

7. Mandi Jumat

Mandi pada hari Jumat juga memiliki keutamaan tersendiri. Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk mandi pada hari Jumat, karena hal tersebut lebih afdhal. Oleh karena itu, mandi pada Jumat terakhir Ramadan adalah amalan yang sangat dianjurkan.

 

Baca juga: Kenali 6 Tindakan Mubah Saat Thawaf Agar Lebih Berhati-Hati

 

Dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut pada Jumat terakhir Ramadan, kita dapat mendapatkan keberkahan dan ampunan dari Allah SWT serta memperoleh keutamaan yang besar dalam ibadah kita. Semoga kita semua dapat memanfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Amin.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp