Perlengkapan Ibadah Haji yang Wajib Dibawa

By. Walid Iqbal Istiardi - 16 Apr 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Perjalanan Ibadah Haji tentu bukan waktu yang singkat bagi seseorang yang menjalankannya. Segala persiapan harus dilakukan agar bisa nemenuhi kebutuhan anda selama ibadah di Tanah Suci.

Apalagi keberangkatan segera dilakukan oleh calon jemaah yang sudah menunggu dalam waktu lama. Selain mempersiapkan kondisi fisik dan kesehatan mental, perlengkapan lain yang diwajibkan dibawa ke Tanah Suci tidak kalah penting.

Jika bingung apa saja perlengkapan yang harus dibawa saat haji, berikut beberapa daftarnya, dirangkum berbagai sumber, diantaranya:

 

Baca Juga : Amalkan Do’a Haji Mabrur Setiap Hari Sebagai Salah Satu Ikhtiar Meraih Haji Mabrur

 

1. Pakaian

Pakaian yang dibawa sebaiknya disesuaikan dengan musim yang ada di Arab Saudi. Siapkan pakaian yang memberikan rasa nyaman.

Pertama, kain ihram pria yang terdiri dari dua kain putih tanpa jahitan. Anda bisa membawa 2—3 pasang kain ihram selama beribadah di Tanah Suci sebagai ganti atau cadangan.

Bagi wanita, pakaian ihram yang digunakan umumnya berupa baju muslimah putih biasa. Anda bisa membawa perlengkapan haji wanita ini dua pasang atau lebih sebagai cadangan.

Baju pribadi juga harus di bawa, selain itu anda juga bisa membawa beberapa perlengkapan pakaian lainnya. Seperti kaus kaki, pakaian dalam, jaket atau sweter, handuk, sapu tangan, masker, peci, dan mukena.

 

2. Perlengkapan Mandi

Bawalah perlengkapan mandi yang biasa anda gunakan. Hal ini perlu karena kemungkinan besar perlengkapan mandi yang cocok dengan tubuh anda tidak tersedia di tanah suci.

Walaupun kemungkinan besar juga sudah disediakan oleh penyelenggara haji disana. Perlengkapan itu seperti sabun mandi cair, sikat gigi, pasta gigi, handuk, shampoo, gunting kuku, pisau cukur, sisir, dan deodoran.

 

Baca Juga :  Pahami 6 Perkara Yang Menjadi Penghalang Ibadah Haji Agar Ibadah Menjadi Lancar

 

3. Dokumen 

Persiapkan segala dokumen identitas serta kesehatan yang diperlukan selama di Tanah Suci. Beberapa jenis dokumen yang perlu disiapkan seperti:

Paspor dan visa beserta salinannya.

Cadangan foto untuk identitas.

Daftar administrasi perjalanan ibadah haji (DAPIH).

Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH).

Dokumen bukti istitha’ah.

Bukti vaksin, termasuk vaksin meningitis, influenza, dan COVID-19.

Bukti hasil pemeriksaan wanita usia subur (WUS).

Salinan preskripsi obat (jika dalam pengobatan tertentu).

Asuransi kesehatan.

Membawa identitas teman atau keluarga yang dapat dihubungi.

Buku manasik haji dan doa.

 

Baca Juga : Catat ! Urutan yang Benar dalam Melempar Jumrah dan Tata Caranya

 

4. Perlengkapan Obat dan P3K

Perlengkapan haji berikutnya yang perlu disiapkan adalah peralatan pertolongan pertama dasar atau first aid kit. Seperti plester, hand sanitizer, pembersih luka antiseptik, kain kasa,peniti dan gunting, oralit, cotton bud dan termometer.

Sedangkan obat- obatan yang harus di bawa adalah obat-obatan resep yang sedang anda konsumsi. Lalu, pereda nyeri, seperti aspirin atau paracetamol, obat diare, antihistamin, obat batuk, dan suplemen vitamin C.

 

5. Perlengkapan makan dan persiapan Konsumsi

Bawalah makanan dan minuman tambahan secukupnya, karena biasanya pemerintah sudah mempersiapan makanan. Dan makanan tambahan yang dibawa seperti abon, mi instan, beras, gula, garam, susu, kecap, biskuit, dan minuman berenergi.

Sedangkan oerlengkapan makan yang di abwa seperti sendok, garpu, gelas, liring, mangkuk. Hingha tisu dan botol minuman kecil yang bisa di bawa kemana-mana.

 

Baca Juga : Mabit di Muzdalifah dan Mina, Bukan Sekedar Bermalam

 

6. Perlengkapan mencuci

Sementara untuk perlengkapan mencuci yang harus dibawa terdiri dari sabun cuci (untuk cuci peralatan makan dan pakaian). Lalu spons untuk mencuci peralatan makan, sikat untuk membersihkan pakaian dan jepitan pakaian untuk menjemur.

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp