Umrah di Bulan Muharram? Ini Dia Keutamaannya

By. Dewi Savitri - 12 Apr 2023

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Hai Sobat Batemuri!! Ibadah umrah merupakan ibadah ziarah ke kota Makkah dengan melaksanakan beberapa amalan dimulai dari ihram, niat thawaf, sa’i dan diakhiri dengan bertahalul atau cukur rambut.

 

Baca Juga: Syarat Ihram yang Wajib Kamu Tau Sebelum Pergi Haji dan Umrah

 

Ibadah umrah berbeda dengan haji. Jika ibadah haji merupakan ibadah yang terikat waktu dan tempat, maka ibadah umrah tidak terikat dengan waktu namun masih terikat dengan tempat sehingga ibadah umrah dapat dilakukan kapan saja. Tempat yang dimaksud adalah tempat dimana ibadah tersebut dilaksanakan, yaitu Saudi Arabia tepatnya di Kota Makkah.

 

Dikutip dari ihram.com, Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan himbauan untuk umat islam yang ingin melaksanakan ibadah umrah agar melaksanakan ibadah umrahnya di bulan Muharram. Mereka menyebut bahwa di bulan Muharram ini kondisi di Kota Makkah tidak terlalu ramai.

 

Kementerian Haji dan Umrah Saudi juga membuat unggahan di sosial media Twitter untuk mendukung pernyataannya tersebut. Unggahan Twitter itu berisi tautan gambar sekeliling Ka’bah yang menunjukkan kondisi halamannya yang kurang ramai.

 

Baca Juga: 6 Amalan Sunnah saat Memasuki Masjidil Haram

 

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan utama diluar bulan Ramadhan yang memiliki kemuliaan. Bulan-bulan tersebut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab. Karena kemuliaan itulah Islam menganjurkan pemeluknya untuk memanfaatkan momentum tersebut untuk berikhtiar memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Dikutip dari umroh.com, Allah SWT telah memberikan kesempatan-kesempatan yang sangat banyak. Allah SWT mengutamakan waktu-waktu tertentu karena hendak memberikan keutamaan kepada hamba-hambanya. Sebagaimana pernyataan yang diberikan oleh Ibnu ‘Asyur bahwa dimuliakannya sejumlah waktu dan tempat merupakan kehendak dimuliakannya manusia, melalui perbuatan-perbuatan baik dan akhlak mulia yang dilakukan.

 

Pernyataan ini memiliki makna bahwa kemuliaan bulan tertentu tidak mutlak berarti kemuliaan umat islam secara otomatis. Kemuliaan akan didapat oleh umat islam yang mengisi waktunya dengan amal saleh dan akhlak yang mulia.

 

Baca Juga: Umrah di Bulan Syawal? Ini Dia Keistimewaannya

 

Setelah mengetahui tentang keutamaan bulan Muharram dan pernyataan dari Kerajaan Arab Saudi mengenai sepinya Masjidil Haram pada bulan Muharram, seperti menjadi sebuah petunjuk dan jalan dari Allah SWT untuk dapat lebih dekat dengan-Nya dengan beribadah umrah. Pihak berwenang di Kerajaan Saudi juga telah mempersiapkan diri untuk musim umrah yang baru yaitu pada awal tahun baru hijriah.

 

Wallahu a’lam bish-shawab.

Sekian pembahasan Batemuritour kali ini, bagi kalian yang ingin bertanya ataupun berkomentar terkait konten-konten Islami silahkan hubungi email kami di umrah.batemuri@gmail.com atau terus cek artikel kami di www.batemuritour.com









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp