6 Hal Penting Rasulullah SAW, Mencari Rezeki dengan Cara Halal

By. Walid Iqbal Istiardi - 03 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Mencari Rezeki dengan Cara Halal

عن جابربن عبد الله رضي الله عنه قال، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:

لا تستبطئوا الرزق, فإنه لن يموت العبد حتى يبلغه آخر رزق هو له, فأجملوا في الطلب;أخذ الحلال وترك الحرام

Dari Jabir bin Abdillah radhiyallah anhu, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

"Janganlah kalian putus asa dari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati kecuali telah sampai genap rezekinya yang merupakan bagiannya, maka perbaikilah cara mencari rezeki; mengambil yang halal dan meninggalkan yang haram".

HR. Al Hakim dlm Al Mustadrak (2/4).

 

Baca Juga : Nasihat untuk Para Pencari Kerja

 

6 Hal Penting

Pelajaran yang terdapat didalam hadits:

1. Seseorang tidak akan wafat hingga telah sempurna bagian rezekinya, maka bertakwalah, perbaikilah cara mencari rezeki, maka jika salah seorang diantara kalian telah putus asa dari rezekinya maka janganlah ia mencarinya dengan kemaksiatan kepada Allah, karena keutamaan dari Allah tidaklah akan didapatkan dengan maksiat.

2. Yakin bahwa rezeki itu dijamin, kewajiban kita hanya ikhtiar berdoa dan tawakal, rezeki kadang tidak matematis dengan konsep berkah maka rezeki seberapapun akan dirasa cukup.

3. Allah memberikan rezeki kepada seluruh makhluk-Nya. Tidak ada satu pun makhluk yang terlewat dari mendapatkan rezeki dari-Nya dan semua itu tidak akan pernah mengurangi kekayaan-Nya sedikit pun.

4. Manusia di dalam hidup ini sudah Allah Subhanahu wa ta'ala tetapkan, jatah, nasib kehidupan dunia dan rezekinya. 

5. Jika demikian, maka yang harusnya kita lakukan adalah ikhtiar, berdoa dan bertawakkal kepada Allah, karena wajib hasil itu Allah Subhanahu wa Ta'ala. Menerima semua yang diberikan oleh Allah dan selalu syukur atas apa saja yang telah diberikanNya.

6. Yakinlah bahwa selagi kita masih hidup, berarti Allah masih memberi rizki kepada kita. 'Tidak ada satupun orang diantara anak Adam meninggal dunia, sebelum disempurnakan semua rezekinya. Telah dilengkapi semua rezekinya.

 

Baca Juga : Sholat Qobliyah Subuh Menjadikan Dunia dan Seisinya dalam Genggaman

 

Tema Hadits yang berkaitan dengan Al-Quran :

- Allah Subhanahu wa Ta'ala menceritakan bahwa Dialah yang menjamin rezeki makhluk­Nya, termasuk semua hewan yang melata di bumi, baik yang kecil, yang besarnya, yang ada di daratan, maupun yang ada di lautan. Dia pun mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya.

وَمَا مِن دَآبَّةٍ فِي الأَرْضِ إِلاَّ عَلَى اللّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya dan dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).” (QS. Huud : 6).

Demikian wallahu a'lam. Semoga bermanfaat

 

Baca Juga : 4 Sholat Sunnah: Kunci Pembuka Rezeki dalam Ajaran Islam

 









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp