Amalan Jama'ah Haji saat Wukuf di Arafah

By. Ibnu Fikri Ghozali - 07 May 2024

Bagikan:
img

Batemuritour.com- Wukuf di Padang Arafah adalah salah satu momen paling sakral dalam ibadah haji. Di sinilah jemaah haji berhenti sejenak dari segala kesibukan dunia untuk merenungi kebesaran Allah SWT. Selama wukuf, membaca doa dan dzikir menjadi bagian penting dalam memperdalam koneksi rohani dengan Sang Pencipta. Berikut adalah beberapa bacaan yang sangat dianjurkan saat wukuf di Padang Arafah:

 

Baca juga: Arab Saudi Buka Peluang Wisata Bagi Jamaah Umrah dengan Masa Tinggal 90 Hari

 

1. Tahmid:

"الحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ"

"Alhamdulillāhi rabbil ālamīn."

Artinya, "Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam."

 

2. Talbiyah (dibaca sebanyak 3 kali):

"لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ"

"Labbaykallāhumma labbayk. labbayka lā syarīka laka labbayk. Innal hamda wanni'mata lakawal mulka laa syarika lak."

Artinya, "Hamba datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Hamba datang memenuhi panggilan-Mu, Hamba datang memenuhi panggilan-Mu. Tiada sekutu bagi-Mu. Hamba datang memenuhi panggilan-Mu. Sungguh, segala puji, nikmat, dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu."

 

3. Takbir dan Tahmid (dibaca sebanyak 3 kali):

"اللهُ أَكْبَرُ وَللهِ الحَمْدُ ثلاثا"

"Allāhu akbar wa lillāhil hamd."

Artinya, "Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah."

 

Baca juga: Inilah Manfaat Terdaftarnya PPIU Indonesia di Aplikasi Nusuk

 

4. Doa agar Dimudahkan Meninggalkan Maksiat:

"اللَّهُمَّ انْقُلْنِي مِنْ ذُلِّ الْمَعْصِيَةِ إلَى عِزِّ الطَّاعَةِ وَاكْفِنِي بِحَلَالِك عَنْ حَرَامِك وَأَغْنِنِي بِفَضْلِك عَمَّنْ سِوَاكَ وَنَوِّرْ قَلْبِي وَقَبْرِي وَأَعِذْنِي مِنْ الشَّرِّ كُلِّهِ، وَاجْمَعْ لِي الْخَيْرَ إنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى"

"Allahummanqulni mindzullil ma'shiyati ila 'izzit tha'ah, wakfini bihalalika 'an haramik, wa aghnini bifadhlika 'an man siwak. Wa nawwir qalbi wa qabri. Wa a'idzni minassyarri kullih. Wajma' liyal khayr, inni as'alukal huda wat tuqa, wal 'afafa, wal ghina." Artinya, "Ya Allah, pindahkan hamba dari rendahnya kemaksiatan ke kemuliaan taat. Cukupilah aku dengan halal-Mu dari barang haram-Mu. Genapilah diri aku dengan kemurahan-Mu dari zat selain diri-Mu. Terangilah hati dan kuburku. Lindungilah aku dari segala bentuk kejahatan. Kumpulkanlah segala kebaikan pada diriku. Hamba memohon kepada-Mu petunjuk, takwa, kecukupan, dan kekayaan."

 

5. Doa Sapu Jagad:

"اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ"

"Allahumma rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhirati hasanah, wa qina 'adzabannar."

Artinya, "Ya Allah, ya Tuhan kami, berikanlah kebaikan kepada kami di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa neraka."

 

6. Doa dan Pengakuan Dosa:

"اللَّهُمَّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي ظُلْمًا كَثِيْرًا كَبِيْرًا وَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ فَاغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً مِنْ عِنْدِكَ وَارْحَمْنِي إِنَّكَ أَنْتَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ"

"Allahumma inni zhalamtu nafsi zhulman katsiran kabiran, wa innahu la yaghfirud dzunuba illa anta, faghfir li maghfiratan min 'indik, warhamni innaka antal ghafurur rahim." Artinya, "Ya Allah, sungguh hamba menganiaya diriku dengan penganiayaan yang banyak dan besar. Tiada yang mengampuni dosa selain Kau. Oleh karena itu, ampunilah hamba dengan ampunan dari sisi-Mu. Kasihanilah hamba, sungguh Kau maha pengampun lagi penyayang."

 

7. Doa Istiqomah dalam Tobat:

"اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَغْفِرَةً تَصْلُحُ بِهَا شَأْنِي فِي الدَّارَيْنِ وَارْحَمْنِي رَحْمَةً وَاسِعَةً أَسْعَدُ بِهَا فِي الدَّارَيْنِ وَتُبْ عَلَيَّ تَوْبَةً نَصُوْحًا لَا أَنْكُثُهَا أَبَدًا وَأَلْزِمْنِي سَبِيْلَ الاِسْتِقَامَةِ لَا أَزِيْغُ عَنْهَا أَبَدًا"

"Allāhummaghfirli maghfiratan tashluhu biha sya'ni fiddarayni, warhamni rahmatan wāsi'atan as'adu biha fid darayni, watub 'alayya taubatan nashuha la ankutsuha abada, wa alzimni sabilal istiqamah la azighu 'anha abada." Artinya, "Ya Allah, ampunilah hamba dengan ampunan yang membuat maslahat urusanku di dunia dan akhirat. Berikanlah hamba rahmat-Mu yang luas di mana hamba dapat bahagia di dunia dan akhirat. Bimbinglah hamba dalam tobat nashuha yang mana hamba takkan melanggarnya lagi selamanya. Ikatlah hamba di jalan istiqomah yang mana hamba takkan menyimpang darinya selamanya."

 

Baca juga: 2 Usulan AMPURI Untuk Menteri Haji Dan Umrah Saudi Agar Pelayanan Ibadah Umrah Lebih Meningkat

 

Membaca doa-doa dan dzikir ini tidak hanya membantu menjaga kesucian hati dan pikiran, tetapi juga membantu meningkatkan koneksi rohani dengan Allah SWT selama momen penuh makna di Padang Arafah. Semoga dengan memperdalam koneksi rohani ini, jemaah haji dapat merasakan keberkahan dan kehadiran Allah SWT dalam setiap langkah ibadah mereka.









Whatsapp Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp